Sosialisasi Literasi Keuangan Akses Perbankan pada Anggota Koperasi UKM Tajur Halang Bogor

0 53

Bogor, BSINews — Dosen program studi (prodi) Manajemen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (PM). Mengusung tema sosialisasi literasi keuangan akses perbankan, kegiatan ini ditujukan untuk anggota Koperasi UKM  Tajur Halang, Bogor, Sabtu (3/9).

Baca juga : Dosen Universitas BSI Beri Pemahaman Literasi Digital Optimalisasi Kebermanfaatan Internet

Iwan Supriyanto selaku ketua PM Universitas BSI menuturkan bahwa mengembangkan kewirausahaan merupakan salah satu upaya untuk memanfaatkan waktu dan kegiatan serta modal yang dimiliki seseorang. Melalui kewirausahaan, seseorang akan menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi

Sosialisasi Literasi Keuangan Akses Perbankan

“Seorang wirausahawan perlu memiliki literasi keuangan yang baik untuk mendukung akses permodalan dalam rangka mengembangkan usahanya. Kegiatan ini membantu meningkatkan literasi keuangan UMKM dalam kondisi paska pandemi saat ini. Kegiatan ini menjelaskan mengenai literasi keuangan khususnya akses ke perbankan, akses lain yang dapat membantu permodalan UKM,” ujar Iwan dalama keterangan rilis, Selasa (20/9).

Menurutnya, sebagai akibat dari pandemi para pelaku UMKM mengalami banyak permasalahan, antara lain sulitnya memperoleh bahan baku, pendapatan dan omzet menurun, jalur distribusi terhambat, produksi barang terganggu hingga kesulitan permodalan.

Baca juga : Membuat Konten Literasi Digital yang Menarik

“Para pelaku UMKM di wilayah ini mengharapkan adanya tambahan moal sehingga usaha yang telah dirintis dapat tumbuh kembali. Untuk memperoleh tambahan modal tersebut, UMKM dapat mengajukan kredit ke bank. Namun belum banyak masyarakat yang tahu tetang produk keuangan dari bank itu sendiri sehingga kadangkala mereka terjebak ke dalam bank plecit ataupun pinjaman online  ilegal yang sangat berisiko untuk menjerumuskan mereka ke lubang yang lebih dalam,” tuttupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.