Pelatihan Strategi Pemasaran UMKM untuk Menunjang Perekonomian di Era Digital

0 49

Jakarta,BSINews — Membicarakan strategi pemasaran mungkin kedengarannya sederhana. Karena masih banyak orang-orang yang memulai bisnis dengan pengetahuan bahwa promosi dan pemasaran adalah sesimpel mengiklankan di media dan menunggu calon konsumen.

Hal ini membuat dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (PM). Mengusung tema Strategi Pemasaran UMKM Ditinjau Dari Bauran Pemasaran Untuk Menunjang Perekonomian Di era Digital, kegiatan ini ditujukan pada Koperasi Multi Artha Nusantara, Jakarta, Sabtu (17/9).

Baca juga : Dukung UMKM dengan Pelatihan Penggunaan Google Ads

Tim dosen terdiri dari Resti Yulistria, Lukman Hakim, Wiwin Wianti, dan Yulia Mujiaty. Lukman Hahim selaku ketua pelaksana PM mengungkapkan bahwa strategi pemasaran merupakan sesuatu yang lebih kompleks. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), bukanlah fenomena asing lagi di Indonesia. UMKM adalah unit usaha produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau Badan Usaha disemua sektor ekonomi.

Pelatihan Strategi Pemasaran UMKM

“Seiring dengan berjalannya waktu, UMKM terus berkembang dan bertambah. Dibalik berdirinya UMKM, ada pengusaha-pengusaha sukses yang berdedikasi tinggi untuk menopang perekonomian. Oleh sebab itu, dibutuhkan strategi pemasaran untuk UMKM yang efektif untuk terus bertahan,” ujar Lukman dalam keterangan rilis, Kamis (22/9).

Ia menambahkan, mengingat jumlahnya yang semakin meningkat, para pemilik UMKM harus lebih bisa kreatif dan inovatif dalam memasarkan produknya. Oleh karena itu, ada beberapa strategi pemasaran untuk UMKM yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan penjualan.

“Online marketing merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan internet. Salah satu strategi pemasaran untuk mendapatkan perhatian konsumen dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, website, email, bahkan augmented reality. Hal ini bisa dilakukan dengan iklan berbayar, konten berkualitas atau sekadar posting-an sederhana melalui media online,” imbuhnya.

Baca juga : Perkuat UMKM dengan Pelatihan Digital Marketing

Menurutnya, satu posting-an yang diunggah diinternet bisa diakses oleh ratusan juta orang di seluruh dunia. Jika menggunakan online marketing, dari mana pun bisnis dijalankan, akan tetap mampu mendapatkan perhatian secara global. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.