Literasi Digital Marketing Sebagai Bagian Era Industri

0 167

Depok, BSINews – Perkembangan teknologi saat ini sangat maju begitu pesatnya, sehingga diperlukan keahlian untuk melek digital atau biasa disebut dengan literasi digital. Literasi digital sudah menjadi bagian yang menyatu di era industri saat ini yang dituntut serba instan dan cepat.

Demi membantu masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan cakap literasi digital, dosen program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyelengggarakan pengabdian masyarakat bertajuk Pelatihan Media Promosi dan Publikasi di Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok, Sabtu (24/9).

Sofyan Marwansyah selaku ketua pelaksana pengabdian masyarakat menyampaikan, tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan kecakapan literasi digital dalam mengenal dan membuat media promosi dan publikasi digital yang berupaya mengenalkan Yayasan Sakinah Depok melalui aplikasi Canva.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Beri Pemahaman Literasi Digital Optimalisasi Kebermanfaatan Internet

“Peserta yang terdiri dari pengurus dan anak-anak panti yang mayoritas dari kalangan SMA/sederajat ini diberikan pelatihan media promosi dan publikasi,” ujar Sofyan, Sabtu, (24/9).

Lanjutnya, sekarang literasi digital marketing banyak dilakukan demi kehidupan masyarakat yang cerdas digital. Banyak manfaat literasi digital bagi masyarakat antara lain mendapatkan informasi yang up to date dan aktual, menambah pengetahuan dan keterampilan digital, serta ramah lingkungan.

“Karena semua dilakukan serba digital dan paper less dan dapat menjadi kecakapan pengguna dalam pemanfaatan media digital secara optimal dan kreatif dalam berkarya,” tuturnya.

Pelatihan Literasi Digital

Dalam kesempatan ini, Taat Kuspriyono beserta tutor pengabdian masyarakat, yakni Purwatiningsih dan Angestika Wilandari memberikan materi tentang penerapan promosi sebuah produk dalam pemasaran digital.

“Sebagai bentuk upaya promosi produk yang nantinya bisa diciptakan dan dijual oleh para anak-anak panti dikemudian hari. Jadi, harapannya selain memiliki kecakapan digital dalam kreativitas membuat desain promosi digital sebagai upaya untuk mendorong pemasaran digital,” pungkas Taat.

Selain itu, Taat juga memberikan tips untuk berbisnis dan trik pemasaran digital dengan pemanfaatan media sosial yang dikemas melalui aplikasi Canva. Terutama dalam memberikan dan memperkenalkan gambaran dan trik tentang pembuatan media promosi dan publikasi melalui aplikasi Canva.

“Ada beberapa keunggulan penggunaan aplikasi Canva yaitu bisa diakses melalui website dan android, desain yang beragam dari template desain grafis, animasi dan video, interfacenya sederhana dengan fitur yang lengkap untuk mendesain,” katanya.

Baca juga: Lewat Pemahaman Literasi Digital, Dosen Universitas BSI Sukses Laksanakan Pengabdian Masyarakat

Ia menambahkan, terdapat berbagi macam template siap pakai, pengguna tidak perlu memerlukan ruang penyimpanan, ada fitur save otomatis dan pengguna dapat mengerjakan desain secara mudah dan instan.

Sementara itu, Ketua Panti Asuhan Sakinah Depok, M. Andri Maulana berharap kegiatan pelatihan yang diadakan oleh dosen-dosen Universiats BSI seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan demi peningkatan pengetahuan dan keterampilan digital pada pengurus dan anak-anak.

“Sehingga anak-anak Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok dapat melek digital dan mengimplementasikan keilmuan yang didapat di masa yang benar-benar penuh dengan persaingan di era digital saat ini,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.