Edukasi Pemanfaatan Marketplace Sebagai Sarana UMKM Naik Kelas

0 507

Bekasi, BSINews — Pengabdian masyarakat (PM) merupakan salah satu peran serta dosen dalam membantu masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca juga : Sekumpulan Dosen Universitas BSI Latih Pelaku UMKM Dalam Mengontrol Keuangan

Yunidyawati, Jaka Santosa, Amas Sari Marthanti, dan Ida Hendarsih merupakan dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang telah melaksanakan PM. Mengusung tema Edukasi Pemanfaatan Marketplace Sebagai Sarana UMKM Naik Kelas, kegiatan ini ditujukan pada warga RT 001/RW 005 Jati Cempaka, Bekasi, pada Minggu (16/10).

Jaka Santosa selaku tutor pelaksana PM Universitas BSI menjelaskan bahwa dengan memanfaatkan marketplace, pelaku UMKM Naik Kelas akan lebih mudah untuk menjangkau konsumen baru.

Pemanfaatan Marketplace Sebagai Sarana UMKM

“Kebiasaan konsumen saat ini adalah lebih senang menjelajahi marketplace terlebih dahulu untuk membandingkan harga atau kualitas hingga memutuskan untuk membeli. Sehingga kita juga bisa dapat kesempatan menarik minat beli konsumen,” ungkap Jaka dalam keterangan rilis, Kamis (20/10).

Menurutnya, pemanfaatan ada banyak keuntungan bagi pelaku UMKM dengan menerapkan bisnis marketplace, seperti tidak membutuhkan modal besar, meningkatkan visibiltas produk, proses transaksi yang mudah dan aman, mempermudah manajemen inventaris, hingga dapat memantau pertumbuhan usaha.

Baca juga : Peran Optimalisasi Fintech bagi Pengembangan UMKM

“Marketplace memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan pelaku bisnis masuk kedalam platform digital sehingga penjualan pun dapat meningkat dan keuntungan usaha juga semakin besar. Di Indonesia sendiri banyak marketplace yang telah menyediakan wadah untuk pelaku UMKM mempromosikan produknya, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, Bukalapak, dan lainnya,” tutup Jaka. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.