Dosen Universitas BSI Memberikan Pelatihan Strategi Branding Digital Marketing Pada UMKM

0 118

BSINews, Bekasi– Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di UMKM Prima Global Mart Kelurahan Harapan Baru Bekasi Utara. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat melalui  pelatihan yang bertemakan “Strategi Branding Di Era Digital”, Sabtu (24/9).

Baca Juga: Perkuat UMKM dengan Pelatihan Digital Marketing

Maksud dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah untuk menambah ilmu dan wawasan pada anggota UMKM Prima Global Mart dalam rangka mendorong dan mempercepat UMKM menjadi UMKM Naik Kelas dan masuk ke ekosistem digital.

 

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga selesai. Kegiatan dimulai dengan pemberian materi berupa cara mudah melakukan branding produk di ekosistem digital marketing.

 

Rohani Lestari selaku ketua pelaksana pengabdian Universitas BSI memaparkan bahwa Peningkatan presentase internet di Indonesia merupakan dampak dari perkembangan teknologi yang sangat pesat di era digital. Hal ini memberikan peluang kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualan dan bersaing dalam bisnis global .

 

“Oleh karena itu, para pelaku usaha UMKM harus dapat menyasar segmen pasar tertentu dengan strategi digital marketing yang dimulai dengan menciptakan  Branding. Branding adalah cara membedakan produk dengan produk pesaing dan menjelaskan apa yang ditawarkan oleh produk tersebut. Branding sangat penting karena branding dapat menciptakan kesan pada konsumen dan dapat merubah persepsi konsumen serta dapat membuat konsumen mengetahui apa yang dapat diharapkan dari produk.yang di pasarkan yang akan meningkatkan  brand value  serta profit bisnis,” Jelas Rohani Lestari.

 

Lanjutnya, pada sesi berikutnya setelah pemberian  materi agar pemahaman anggota UMKM tidak sebatas hanya teori, tim pengabdian masyarakat  mulai  melakukan pelatihan dengan melakukan praktik berupa pengaplikasian branding produk dengan membuat Logo produk yang eye-catching dan mudah dikenali.

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Gelar Pelatihan Dasar Aplikasi Desain Grafis

“Dalam sesi ini tim pengabdian memotivasi anggota UMKM untuk belajar digital marketing dengan mencoba membuat LOGO dan mempostingkan  sekreatif mungkin dan semenarik mungkin pada status WhatsApp,” tandasnya. (RDX)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.