Makna Janji Panca Prasetya di Wisuda ke-56 Universitas BSI

0 197

Bekasi, BSINews – Seremonial setiap kampus tentunya memiliki kekhasan dan tradisinya tersendiri. Seperti wisuda ke-56 Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang berlokasi di BSI Convention Center (BSI Convex), Bekasi, Selasa (22/11). Dalam seremonial wisudanya, Universitas BSI selalu mengajak seluruh wisudawan/ti membacakan sebuah janji, yaitu panca prasetya.

Baca juga: Wisudawan Terbaik Jadi Kado Ulang Tahun Ayah

Yesni Malau selaku dosen Universitas BSI dan koordinator petugas khusus (Paskibra) pada upacara Wisuda ke-56 Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengatakan, pembacaan janji panca prasetya adalah pembacaan janji wisudawan/wati ketika mereka dinyatakan lulus dari Universitas BSI.

Janji Panca Prasetya

Berikut butir-butir Panca Prasetya Universitas BSI:
1. Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan setia kepada negara republik Indonesia.
2. Mengedepankan kejujuran, etika dan moral dalam melaksanakan tanggung jawab sosial dan berbangsa.
3. Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, agama, suku, atau golongan.
4. Turut serta dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kemajuan bangsa dan negara.
5. Menjaga dan menjunjung tinggi harkat dan martabat, serta nama baik almamater Universitas Bina Sarana Informatika

Baca juga: Govinda Gemparkan Panggung Wisuda Ke-56 Universitas BSI

Yesni menyampaikan, pembacaan ini dilakukan salah satu wisudawan yang terpilih dan dikawal oleh petugas khusus. Kemudian dalam pembacaannya akan diikuti oleh seluruh wisudawan/wati Universitas BSI.

“Selain itu, petugas khusus itu bertugas mengawal dewan kehormatan ketika memasuki ruangan upacara wisuda. Kemudian mereka juga kembali menjemput dewan kehormatan untuk meninggalkan ruangan upacara wisuda dengan membawa bendera negara Indonesia dan fakultas,” ujar Yesni, Selasa (22/11).

Ada beberapa kriteria menjadi petugas khusus antara lain tercatat sebagai mahasiswa aktif Universitas BSI, serta memiliki keilmuan dasar tentang baris-berbaris.

“Namun, jika tidak memiliki keilmuan dasar tentang baris-berbaris. Setidaknya mempunyai minimal tinggi badan 165 cm dan berat badan yang proporsional, serta good looking,” jelasnya.

Baca juga: Universitas BSI Sukses Gelar Wisuda ke-56 Secara Offline

Sementara itu, ia berharap seluruh wisudawan/wati setelah mendapatkan gelar bisa lebih sukses. Di era pandemi covid-19 mereka bisa berjuang dengan cara mereka sendiri.

“Jika memang lowongan kerja itu sulit, maka mereka harus lebih mengedepankan inovasi agar mudah dilirik perusahaan. Saya ucapkan selamat kepada seluruh wisudawan/wati, sukses untuk kalian, sehat selalu.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.