Program Studi Teknik Industri Bekali Mahasiswa Tentang Peningkatan Produktivitas Melalui Optimasi Perawatan dan Keandalan

0 53

 

BSINews, Jakarta —-Universitas BSI (Bina Sarana Informatika menggelar seminar “Peningkatan produktivitas melalui optimasi perawatan dan keandalan” secara Offline  di Universitas BSI Gedung rektorat kramat 98, Rabu (30/11).

 

Ketua Program Studi (prodi)  Teknik Industri Universitas BSI  Miwan Kurniawan Hidayat menyatakan bahwa kegiatan ini dirasa sangat perlu diadakan untuk mengetahui lebih dalam mengenai sistem perawatan dan keandalan untuk meningkatakan produktivitas didalam sebuah perusahaan.

Baca Juga: Implementasi Scrum Menggunakan Trello dalam Mengelola Produktivitas Development Team

“Seminar peningkatan produktivitas melalui optimasi perawatan dan keandalan kali ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dari semester 1 sampai dengan semester 5 dengan tujuan agar mereka nantinya memiliki gambaran mengenai tata kelola sistem perawatan dan keandalan yang ada pada sebuah perusahaan,” ujar Miwan  dalam keterangan rilis, Rabu (30/11).

 

Sementara itu, Ir. Heryanto  selaku narasumber yang merupakan Direktur utama PT Heri Daya Inetgra serta aktif dalam beberapa jabatan praktisi lainnya yang berkaitan dengan perawatan sebuah pembangkit menjelaskan produktivitas merupakan hal yang penting yang sangat berhubungan dengan kemajuan sebuah perusahaan.

 

“Produktivitas akan meningkatkan kesejahteraan dan mutu sebuah perusahaan. Dimana Faktor yang akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas adalah terkait dengan Perawatan dan keandalan sebuah mesin atau sistemnya,” jelasnya.

 

Menurutnya, semua peralatan atau fasilitas produksi pasti akan mengalami kerusakan dikemuadian hari, tapi kerusakan itu dapat dicegah dengan melakukan perbaikan berkala agar masa pakai peralatan relatif lebih panjang, kegiatan ini yang disebut dengan perawatan (maintenance).

Baca Juga: Prodi Teknik Industri Universitas BSI Sukses Gelar Seminar

“Tanpa adanya sistem yang mengatur terkait dengan perawatan dan keandalan sebuah mesin tidak akan mungkin produktivitas perusahaan meningkat. Oleh karena itu proses produksi harus didukung oleh peralatan yang siap bekerja setiap saat dan handal. Untuk mencapai hal itu maka peralatan-peralatan penunjang proses produksi ini harus selalu dilakukan perawatan yang teratur dan terencana,” tutupnya. (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.