Universitas BSI Gelar Pelatihan Pengelolaan Keuangan Untuk Sekolah

Universitas BSI Kampus Pontianak Gandeng APVOKASI Berikan Pelatihan Pengelolaan Keuangan Untuk SMK Se-Kota Pontianak

0 52

BSINews, Pontianak – Dosen Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak bekerjasama dengan APVOKASI (Aliansi Pendidikan Vokasional Seluruh Indonesia) Kota Pontianak berikan pelatihan kepada staff Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mengelola keuangan sekolah. Kegiatan ini berlangsung secara luring di Gedung Zamrud Khatulistiwa, Jl. Jenderal Ahmad Yani, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, pada Kamis (8/12), pukul 13.00 WIB.

Kegiatan yang juga termasuk sebagai pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan literasi pengelolaan keuangan kepada staff Tata Usaha SMK. Selain itu, ini juga bertujuan memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada staff TU SMK, dalam menggunakan sistem keuangan sebagai media untuk mengelola keuangan sekolah.

Pelatihan pengelolaan keuangan ini menghadirkan Nanda Diaz Arizona dan Yulia sebagai narasumber, serta Rabiatul Adwiya sebagai moderator. Selain itu, turut hadir Ketua DPD APVOKASI Kota Pontianak, N. Henray Ekasaputra. Kegiatan yang dihadiri oleh 39 orang perwakilan dari 30 SMK di Kota Pontianak.

Baca juga : Pentingnya Kelola Keuangan Rumah Tangga, di Zaman yang Serba Naik Kebutuhan Pokoknya

Pentingnya Pengelolaan Keuangan di Sekolah

Dalam pemaparan materinya, Nanda menuturkan jika pengelolaan keuangan yang baik dapat mengatur segala aktivitas keuangan seperti pendanaan dan pengelolaan aktiva dengan baik.

“Pengelolaan keuangan di bidang pendidikan tidak kalah penting peranannya dalam mendukung pelaksanaan kegiatan pendidikan. Baik dari mulai perencanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan, hingga pengawasan,” tutur Nanda.

Dalam kegiatan ini, narasumber menjelaskan terkait pengenalan perangkat digital dan sistem keuangan, evaluasi pengelolaan keuangan, serta pelaksanaan pencatatan transaksi sekolah melalui sistem keuangan. Staff sekolah sangat antusias dapat terlibat langsung dalam pelatihan ini. Bahkan pro aktif memberikan data yang dibutuhkan, mulai dari memberikan informasi mengenai data transaksi keuangan sekolah.

Baca juga : Dosen Universitas BSI Beri Pelatihan Kelola Keuangan Untuk Meminimalkan Resiko

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Yulia berharap agar kegiatan ini bisa memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada staff sekolah dalam melakukan pengelolaan keuangan.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa meningkatkan kemandirian staff sekolah dalam mengelola keuangan sekolah”, harapnya.

Khairul Sani, selaku Staff TU SMK Al-Madani Pontianak yang juga merupakan peserta pelatihan merasakan manfaat dari kegiatan ini. Ia mengaku kegiatan ini memberikan banyak insight untuk petugas sekolah dalam mengelola keuangan sekolah.

“Kegiatan ini sangat membantu kami dengan banyak insight baru seputar pengelolaan keuangan yang bisa kami terapkan di sekolah. Semoga kedepannya akan ada kegiatan serupa atau kegiatan lanjutan dari kegiatan ini, ” pungkas Khairul.

Leave A Reply

Your email address will not be published.