1072 Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas BSI Mengikuti Kegiatan Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi
BSINews, Jakarta —Program Studi (prodi) Manajemen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi pada Tenaga Operasional Pemasaran. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 1072 jumalah peserta dari mahasiswa Prodi Manajemen dan 13 Asesor. Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi diadakan pada tanggal 6 -23 Desember 2022 yang diadakan di lingkungan Universitas BSI.
Pembukaan kegiatan uji sertifikasi kompetensi diadakan di Aula Kampus Universitas BSI Slipi pada tanggal 6 Desember 2022 pukul 08.00. Dalam sambutanya, Nurvi Oktiani selaku Kaprodi Manajemen menjelaskan bahwa prodi Manajemen Universitas BSI sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta memiliki tanggung jawab untuk menghasilkan luaran (output) yang mempunyai kompetensi utama dan kompetensi penunjang yang mampu menjawab tantangan tersebut. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan sistem pendidikan yang mampu menghasilkan luaran yang memiliki kesesuaian dengan kebutuhan masyarakat lokal/global.
“Untuk menghasilkan dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dibidangnya prodi Manajemen Universitas BSI bekerja sama dengan LSP Universitas BSI menyelenggarakan uji kompetensi di bidang pelaksana pemasaran bagi mahasiswa semester tujuh (VII) prodi Manajemen,” ujar Nurvi dalam keterangan rilis, Selasa (6/12/2022).
Menurutnya, dalam uji tersebut setiap mahasiswa diwajibkan untuk menyelesaikan beberapa tugas seperti melakukan observasi dengan membuat video, komunikasi efektif, riset pemasaran dan pesan bisnis, mereka juga diminta untuk membuat tugas tertulis yang ada di laman http://lsp.bsi.ac.id/.
“Terakhir ada uji lisan di hadapan asesor dimana terdapat 11 unit kompetensi diantaranya Mengidentifikasi Elemen Pemasaran Perusahaan, Melaksanakan Komunikasi Efektif, Melaksanakan penulisan bisnis (business writing), Melakukan pendekatan kepada calon pelanggan potensial, Melaksanakan Keterampilan Penjualan, Menyusun Rencana Aktifitas Penjualan, Mewujudkan Kepuasan Pelanggan, Keluhan Pelanggan, Merencanakan Riset Terhadap Sebuah Merek, Mengolah data riset, Melaksanakan event (bagian dari komunikasi merek),” tutupnya.(RDX)