Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Berbicara Di Depan Umum
BSINews, Jakarta —-Dalam Tri Dharma perguruan tinggi, Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Untuk itu Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang bekerja sama Ikatan Pemandu Museum Indonesia mengadakan pengabdian kepada masyarakat, secara daring pada Sabtu (10/12).
Baca Juga: Edukasi Remaja Masjid Melalui Pelatihan Berbicara Bahasa Inggris
Ketua pelaksanaIlham Pane menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat tersebut merupakan salah satu kewajiban dosen yang diamanatkan dalam tri dharma perguruan tinggi, dimana dosen memberikan kontribusi kepada pengembangan masyarakat.
“Kegiatan ini tentang pelatihan bagaimana berbicara di depan public dengan baik. Terasa sekali semangat kerjasama dari pihak kampus dan IPMI ini untuk program masyarakat cerdas mandiri agar terlaksana dengan baik,”kata Ilham, Minggu (10/12).
Sementara itu, salah satu Tutor, Fajar Kurniawan yang juga praktisi media menjelaskan terdapat beberapa tahapan yang diberikan kepada peserta pelatihan yaitu diawali dengan penghantar Ilmu komunikasi, pengenalan istilah pesan sederhana dengan skill komunikasi.
“Kegiatan penyampaian pesan berupa ide/gagasan secara oral atau lisan.Bentuk komunikasi dimana seorang pembicara menghadapi pendengar dalam jumlah yang relatif besar dan pembicaraan yang relatif kontinu,” ucapnya.
Disatu sisi, Chepy Nuriansyah selaku salah satu tutor menyampaikan tipsnya bagaimana menghadapai orang secara langsung salah satunya ekspresi wajah yang tepat Jika berbicara.
“Pastikan mata tidak terpaku pada suatu benda, Hindari kecendrungan menggeleng-gelengkan kepala, Biasakan tersenyum,” ucapnya.
Sementara itu, Wakil Ketua Ikatan Pemandu Museum Indonesia (IPMI) Yulianti Fajar sebagai bagian dari bagaimana cara komunikasi yang baik anggota IPMI dalam melakukan tugasnya di lapangan.
“Ini adalah bekal para anggota untuk belajar public speaking, biar gag grogi, apalagi masih pada remaja ya, biar gak malu-malu komunikasi dengan pengunjung,” tandasnya.(RDX)