Sosialiasi Peran Aparatur Desa Dalam Pemberdayaan UMKM Warga

0 61

Cikarang, BSINews — Dalam rangka mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi, dosen program studi (prodi) Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,  Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat (PM).

Baca juga : Dosen Universitas BSI Gelar Pelatihan Foto Produk Bagi Anggota Ikatan Pemandu Museum Indonesia

Mengusung tema Peran Aparatur Desa Dalam Pemberdayaan UMKM Warga Desa Pasirsari Cikarang Selatan, kegiatan ini digelar pada Sabtu (10/12/2022)  silam. Tim dosen Universitas BSI terdiri dari Dede Mustomi. Maria, Khoirul Ulum dan Asep Dony Suhendra.

Dede Mustomi selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa PM kali ini dibantu dengan beberapa tim dosen dan mahasiswa Universitas BSI. Menurutnya, UMKM merupakan salah satu pondasi ekonomi suatu bangsa.

Peran Aparatur Desa Dalam Pemberdayaan UMKM

“Ketika krisis ekonomi melanda suatu negara maka UMKM akan sangat dibutuhkan untuk tetap bergeraknya roda ekonomi suatu negara. Pandemi covid-19 yang telah meluluhlantakan sektor ekonomi banyak negara merupakan pertanda bahwa krisis bisa terjadi kapan dan dimana saja, oleh karenanya dibutuhkan pondasi yang kokoh untuk setiap elemen ekonomi suatu negara, dimana ekonomi negara tidak hanya mengandalkan perusahaan atau pebisnis besar akan tetapi adakalanya pulihnya ekonomi karena suatu hal karena ditopang oleh perekonomian mikro, kecil dan menengah,” ujar Dede dalam keterangan rilis, Rabu (14/12/2022).

Ia menambahkan,metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat kali ini berupa sosialisasi bagaimana para aparatur desa bisa mendorong dan menjadi pioneer akan tumbuh dan pesatnya para UMKM di wiilayah desa pasirsari cikarang selatan.

“Pengabdian masyarakat bertujuan untuk mensosialisasikan bagaimana kehadiran para Aparatur Desa di wilayah Cikarang Selatan mampu memberi dampak yang positif terhadap perkembangan UMKM,” imbuhnya.

Baca juga : Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Berbicara Di Depan Umum

Ia berharap melalui kegiatan PM ini, dapat memberikan manfaat yang besar khususnya bagi Aparatur Desa Pasirsari Cikarang Selatan dalam membina perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah secara berkesinambungan. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.