Penggunaan Google Form untuk Membantu Pelaksanaan Tugas Aparat Desa

0 27

Cikarang, BSINews — Untuk membantu pelaksanaan tugas aparat desa, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (PM), berupa pelatihan Pembuatan Penggunaan Google Form untuk Membantu Pelaksanaan Tugas Aparat Desa Pada Desa Pasirsari, Sabtu (10/12/2022).

Baca juga : Pelatihan Design Grafis Pemula Menggunakan Platform Canva Dalam Meningkatkan Kemampuan Teknologi Komputer

Diah Wijayanti selaku anggota PM Universitas BSI menjelaskan bahwa google form sendiri adalah layanan dari google yang memungkinkan untuk membuat survey, tanya jawab dengan fitur formulir online yang bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan.

“Disamping itu dengan google form memudahkan aparat desa untuk membuat sekaligus mengkoleksi atau mengumpulkan data pengguna. Aparat desa Pasir Sari dalam pelaksanaan tugasnya dapat memanfaatkan google form ini seperti membuat kuesioner, formulir pendaftaran, analisis respon, pembelian produk dan flittering data,” jelas Diah dalam keteranganr rilis, Kamis (15/12/2022).

Penggunaan Google Form

Ia menambahkan, oleh karena itu diadakannya pelatihan pembuatan google form dengan harapan dapat membantu dan mempermudah dalam melakukan pelaksanaan tugas operasional aparat desa Pasir Sari.

“Sebelumnya aparat desa dalam melakukan pendataan warga dengan cara mendatangi dan mencatat satu persatu, hal ini menyebabkan waktu yang banyak terbuangdan catatat sering
tercecer. Dengan pelatihan ini diharapkan para apparat desa dapat membuat google form sendiri untuk membuat survey yang nantinya disebarkan dan isi oleh warga Sehingga diharapkan dengan adanya pelatihan dalam pembuatan google form ini dapat membantu tugas apparat desa dalam mendata warganya,” ungkap Diah.

Baca juga : Sosialiasi Peran Aparatur Desa Dalam Pemberdayaan UMKM Warga

Sementara itu, Suparta selaku Kepala Desa Pasir Sari mengatakan kegiatan sangat bermnafaat untuk menambah wawasan dan membantu aparat desa dalam pengelolaan dokumen. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.