Kegiatan BSI Explore Berikan Dampak Positif bagi Kelurahan Bungursari

0 83

Tasikmalaya, BSINews — Berjalan dua minggu, kegiatan BSI Explore telah memberikan dampak positif bagi Kelurahan Bungursari. Mahasiswa Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang juga peserta BSI Explore, telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti menjadi mitra guru di sekolah, menggali potensi desa dan pemberdayaan masyarakat.

Baca juga : Tingkatkan Minat Baca Anak, Mahasiswa BSI Explore Donasikan Buku ke Sekolah

Nandhita selaku ketua kelompok BSI Explore Kelurahan Bungursari menjelaskan, bahwa dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah, tim BSI Explore melaksanakan pendampingan guru dalam mengajar.

“Selain itu, kami juga melakukan explorasi dengan mengajak masyarakat untuk melaksanakan kegiatan Jumat Bersih, serta melakukan kunjungan UMKM terdekat yang merupakan produsen minyak kelapa,” ujar Nandhita dalam keterangan rilis, Jumat (3/2/2023).

Ia mengaku, selama melakukan kegiatan BSI Explore disana, banyak permasalahan yang diutarakan oleh masyarakat, salah satunya permintaan dari UMKM yakni merancang program untuk pendampingan UMKM sementara secara personal ke pemilik usaha minyak kelapa.

Kegiatan BSI Explore Berikan Dampak Positif

Menjawab permasalahn tersebut, Nandhita dan timnya mengungkapkan telah merancang kegiatan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi pemanfaatan sampah plastik untuk seluruh masyarakat.

“Untuk sementara, pendampingan UMKM hanya bisa dilakukan secara personal karena adanya permintaan khusus, namun untuk kegiatan pengabdian masyarakat nantinya akan ada sosialisasi tentang pemanfaatan sampah plastik menjadi kerajinan tangan,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Lia selaku pemilik usaha minyak kelapa mengatakan bahwa sangat mendukung dan senang sekali kedatangan mahasiswa BSI Explore. Selain pintar dan kreatif, peserta BSI Explore telah membantunya untuk belajar packaging produk dan digital marketing.

“Saya sangat senang desa kami kedatangan mahasiswa, karena mahasiswa ini kan anak-anak muda yang pintar dan kreatif. Saya berharap mahasiswa bisa membantu saya untuk menyelesaikan masalah bisnis yang saya hadapi, saya ingin mahasiswa membantu saya untuk belajar packaging produk dan digital marketing,” ungkap Lia.

Sementara itu, Recha Abriana Anggraini selaku dosen pendamping lapangan (DPL) BSI Explore Kelurahan Bungursari menyatakan sangat bangga dengan berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh peserta BSI Explore.

Baca juga : Gelar Sosialisasi Public Speaking, Mahasiswa BSI Explore Disambut Baik oleh Masyarakat

“Setelah 2 minggu bertugas di Kelurahan Bungursari, disana terlihat perbedaan yang cukup baik, kedatangan mahasiswa kali ini selain disambut baik oleh masyarakat juga telah berhasil memberikan berbagai dampak positif bagi masyarakat sekitar tempat mereka tinggal,” tutup Recha. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.