Mahasiswa BSI Explore beri Pemahaman Literasi Digital Bagi Ibu-ibu PKK Sungai Ambangah

0 68

Pontianak, BSINews — Kegiatan BSI Explore 2023, wujud implementasi yang dilakukan oleh para mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dalam melakukan upaya-upaya dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di desa antara lain dengan menjadi mitra guru di sekolah, menggali potensi desa dan pemberdayaan masyarakat serta para pemuda desa.

Baca Juga: Bantu Mengasah Kemampuan Dan Skill Sejak Dini, Mahasiswa BSI Explore Mengadakan Perlombaan Ditingkat Sekolah Dasar

Hal ini salah satunya seperti yang dilakukan mahasiswa peserta  BSI Explore 2023  yang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk ibu-ibu PKK di Kantor Desa Sungai Ambangah dengan tema “Literasi Digital di Era Millenial, Sungai Ambangah, Kubu Raya, Kalbar pada Jumat, (3/2/23).

 

Pungky Wahyuningrum selaku sekretaris BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Sungai Ambangah mengatakan kegiatan ini memiliki manfaat bagi para ibu-ibu desa Sungai Ambangah.

 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami para ibu-ibu PKK desa Sungai Ambangah karena dengan adanya pengetahuan seperti ini kami lebih bijak lagi dalam menggunakan perangkat untuk komunikasi, apa lagi kami para ibu-ibu PKK terkadang selalu mendapat informasi yang kebenaran informasi tersebut benar atau tidak, jadi lebih hati-hati,” jelas Pungky dalam keterangan rilis Jumat (3/2/23).

 

Sementara itu,   Fahmi Dosen pendamping lapangan menjelaskan kegiatan seminar ini tentunya sudah menjadi rangkaian acara yang diselenggarakan oleh peserta BSI Explore, khusunya tim di Desa Sungai Ambangah.

 

“Walau kegiatan utamanya mengajar di Sekolah Dasar tidak menutup kemungkinan dalam segi keilmuan dalam hal ini literasi digital mengajarkan masyarakat untuk lebih dapat pandai serta bijak dalam menggunakannya, yang jelas bentuk kegiatan-kegiatan yang positif tetap kita dukung, ditambah lagi sebagai generasi  penerus bangsa yang berjiwa positif  dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tentunya sangat bermanfaat untuk siap menyongsong masa depan yang lebih baik,” imbuhnya.

 

Disatu sisi Eza Defwandi mahasiswa Prodi Sistem Informasi Semester 5 Universitas BSI yang turut menjelaskan materi dikegiatan BSI Explore 2023 tersebut  menuturkan  bahwa warga desa merupakan salah satu target yang dapat dijadikan sebagai tempat pelaksanaan seminar ini. Banyak sekali hal-hal positif yang dapat dilakukan bagi peserta BSI Explore ketika akan menjalankan Pengabdian ke masyarakat desa, tentunya harus disesuaikan dengan latar belakang ketrampilan dan keilmuan serta kompetensi segenap mahasiswa peserta BSI Explore dengan berbagai hal yang dibutuhkan oleh masyarakart desa khususnya untuk ibu-ibu PKK tersebut.

 

“Kami dari kelompok tim BSI Explore 2023 Desa Sungai Ambangah memiliki ide seperti ini agar apa yang kami dapat diperkuliahan dapat kami bagi ke masyarakat dalam hal pemanfaatan teknologi, apa lagi sasarannya adalah ibu-ibu yang dimana ibu-ibu sekarang ini sedang senangnya menggunakan smartphone baik untuk komunikasi, jualan dan bermedia sosial,” imbuhnya.

Baca Juga: Mahasiswa BSI Explore Beri Pelatihan Canva pada Warga Kelurahan Tanjung

Hal sama juga diutarakan oleh Alfina Putri Anggraini mahasiswa Prodi Sistem Informasi  semester 3 Universitas BSI yang ikut serta dalam kegiatan BSI Explore 2023,  menjelaskan banyak persiapan dalam kegiatan ini.

 

“Banyak sekali persiapan yang harus dilakukan mulai dari publikasi, penyiapan materi, tempat, serta konsumsi. Pada sesi akhir tak lupa kami memberikan reward untuk peserta yang aktif dengan pertanyaan yang bagus bagi kami panitia,” tandasnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.