Belajar Berbicara Bahasa Inggris Dengan Metode Storytelling dan Media Gambar

0 252

Jakarta, BSINews- Storytelling adalah suatu kegiatan atau aktivitas untuk menyampaikan sebuah cerita. Sementara itu, seseorang yang menjalani kegiatan storytelling disebut dengan istilah storyteller yang dalam bahasa Indonesia berarti pencerita atau pendongeng. Dengan memadukan metode storytelling dan media gambar. Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan RPTRA Kalideres, Jakarta Barat, pada hari Minggu, (12/3) silam.

Baca Juga: Manfaat Storytelling Dukung Perkembangan Kreativitas pada Anak

Mengusung tema pelatihan berbicara bahasa Inggris dengan metode storytelling dan media gambar, sejumlah dosen Universitas BSI memberikan pelatihan kepada para remaja di lingkungan RPTRA Kalideres, Jakarta Barat,

Pengabdian masyarakat ini dihadiri oleh empat orang dosen yaitu Sukmono Bayu Adhi, Hardani, Fiza Asri Fauziah Habibah, dan Fitriyeni, serta didampingi oleh beberapa mahasiswa, yakni Cika Haerun Nisa, Adelinda, Rangga Nur Hidayat, Putri Winanti, dan Daffa Praditya.

Hary selaku pengurus RPTRA mengatakan menerima dengan senang hati atas kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Beliau pun menyampaikan pentingnya pelatihan-pelatihan untuk para remaja dilingkungannya.

“Terima kasih saya sampaikan kepada semua dosen yang bersedia melakukan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan kami. Kami menyadari betapa pentingnya mengadakan pelatihan seperti ini.  Mudah-mudahan peserta yang hadir dalam acara ini dapat menyerap ilmu dengan sebaik-baiknya, dan dapat bermanfaat baik untuk kepentingan akademis maupun kehidupan sehari-harinya,” tutur Hary.

Sukmono Bayu Adhi selaku ketua pelaksana menuturkan, storytelling merupakan salahsatu metode yang efektif untuk melatih kemampuan berbicara.

“Storytelling berfungsi untuk menambah kosakata, frasa, hingga merangkai kalimat. Apalagi dipadukan dengan media gambar, maka keefektifan storytelling ini akan berlipat. Para remaja akan merasa senang saat melakukan kegiatan ini. Selain menambah kemampuan berbahasa, mereka juga merasa terhibur dengan warna warni gambar berangkai yang disuguhkan,” tutur Sukmono.

Baca Juga: Universitas BSI Adakan Story Telling Competition Melalui PIKMI 2023

“Belajar berbicara dengan bahasa Inggris merupakan suatu hal yang cukup sulit dan menantang. Oleh karena itu, kami selaku panitia pelaksana berharap, metode mendongeng dengan bantuan media gambar ini bisa membuat para peserta lebih mudah memahami dan melakukannya,” tutup Sukmono.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.