Pelatihan Surat Menyurat Menggunakan Microsoft Word Pada Panti Asuhan Sakinah Depok

0 147

BSINews, Jakarta – Melatih keahlian dalam membuat surat menggunakan Microsoft word tentu sangat penting terlebih saat memasuki dunia kerja, oleh karena itu untuk membantu masyarakat sekitar dalam menumbukan potensi tersebut dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melaksanakan Pengabdian Masyarakat (PM), Sabtu (4/3) berlokasi di Yayasan Panti Asuhan Sakinah, Depok.

Baca Juga : LPPM Universitas BSI Kampus Sukabumi Berikan Sosialisasi Pengabdian Masyarakat Untuk Mahasiswa

Kegiatan yang mengambil tema “Pelatihan Pembuatan Surat Menggunakan Software Microsoft Word”, beranggotakan Nanang Lidwan, Heny Sumarno, Wawan Ridwan Sabaruddin Siagian, dan Arief Tirtana, memberikan pelatihan pembuatan surat-menyurat dengan menggunakan Microsoft Word di Panti Asuhan Sakinah Kota Depok.

Nanang selaku Ketua Kelompok mengatakan, bahwa kegiatan membuat surat bukanlah kegiatan yang awam bagi masyarakat yang sedang belajar.

“Pasalnya, anak-anak pada jenjang sekolah, baik dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), pembelajaran tentang menulis surat selalu ada di silabus mata pelajaran Bahasa Indonesia, dengan menggunakan Microsoft Word,” ungkap Nanang, seperti dalam keterangan rilis Rabu, (15/3).

Sementara itu, Heny selaku tutor menjelaskan, bahwa surat-menyurat merupakan hal yang sangat penting didalam melakukan kegiatan pada suatu instansi ataupun perusahaan. Format surat-menyurat yang baik, dan benar tentunya sangat dibutuhkan dalam surat-menyurat yang bersifat formal.

“Software ini sudah sangat lazim digunakan pada suatu instansi, ataupun Perusahaan dalam membantu pekerjaan sehari-hari khususnya dibidang perkantoran”, ucap Heny.

Ia menambahkan, bahwa dengan adanya Microsoft Word ini, maka pekerjaan khususnya pembuatan surat-menyurat dapat dilaksanakan dengan mudah, cepat, sangat rapih, dan bagus dalam penyajiannya.

Baca Juga :Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Pembuatan Surat Menggunakan Mail Merge

“Ada tujuh tahapan dalam pembuatan surat-menyurat dengan menggunakan Microsoft Word antara lain: membuat lembar halaman baru, materi pengaturan kertas/page, margin, pemilihan jenis dan ukuran huruf, membuat kop surat, cara membubuhkan tanda tangan pada surat, cara menyimpan dokumen dan tahap terakhir cara membuat tabel”, tutup Henny.

Dalam kegiatan tersebut, Tim PM Universitas BSI  juga memberikan cara penanganan keluhan-keluhan peserta pelatihan, menyangkut kendala-kendala yang dihadapi para peserta dalam pembuatan surat-menyurat yang formal.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.