Prodi Manajemen Pajak Bersama Tax Center Universitas BSI Membuka Peluang Menjadi Relawan Pajak

0 11

Jakarta, BSINews – Relawan Pajak merupakan individu atau kelompok masyarakat yang secara sukarela memberikan dukungan dan partisipasi dalam upaya peningkatan kesadaran dan pemahaman tentang pajak kepada masyarakat umum.

Relawan Pajak akan melakukan tugas-tugas seperti memberikan sosialisasi dan edukasi tentang sistem perpajakan, membantu asistensi wajib pajak dalam mengisi dan menyampaikan SPT (Surat Pemberitahuan), memberikan konsultasi dan saran tentang permasalahan pajak, serta membantu mengawasi dan melaporkan praktik-praktik perpajakan yang tidak etis atau melanggar hukum.

Baca juga: Relawan Pajak Universitas BSI Telah Usai Melaksanakan Di KPP Pratama Cengkareng

Prodi Manajemen Pajak bersama Tax Center Universitas BSI yang bekerja sama dengan Kantor Wilayah DJP Jakarta Timur dan Kantor Wilayah DJP Jakarta Barat membuka peluang mahasiswa yang menjadi relawan pajak dengan proses seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi, ujian tertulis, ujian wawancara sampai pada tahap akhir akan diberikan kesempatan kepada perolehan nilai yang terbaik serta siap secara mental ketika menjadi relawan pajak.

Kaprodi Manajemen Pajak Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Eka Dyah Setyaningsih mengatakan bahwa setelah terpilih mahasiswa diberikan pembekalan secara intern yang dilaksanakan oleh prodi Manajemen Pajak dan Tax Center UBSI dan dilanjutkan dengan pembekalan dari Kantor Wilayah DJP Jakarta Timur dan Kantor Wilayah DJP Jakarta Barat.

“Pembekalan ini bertujuan untuk memperkuat pengetahuan dan keterampilan relawan dalam mengedukasi masyarakat mengenai kewajiban perpajakan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelaporan pajak,” tuturnya.

Ia mengatakan, manfaat dari pembekalan ini sangat signifikan. Relawan Pajak Tax Center Universitas BSI akan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang peraturan perpajakan terkini dan dapat memberikan bantuan yang akurat kepada wajib pajak dalam mengisi dan melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan (SPT PPh).

Baca juga: Tax Center Pajak Universitas BSI Serahkan Relawan Pajak ke KPP Pratama Kramat Jati Jakarta Timur

“Hal ini akan membantu meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakan mereka. Keunggulan dari program ini adalah kolaborasi antara Universitas BSI dan Kanwil DJP Jakarta Timur dan Kanwil DJP Jakarta Barat dalam menciptakan lingkungan belajar yang komprehensif bagi relawan Pajak Tax Center Universitas BSI,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya pembekalan ini, relawan akan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang peraturan perpajakan dan dapat memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat dalam menghadapi berbagai persoalan perpajakan.

“Keberlanjutan dari program ini adalah implementasi pengetahuan yang diperoleh oleh relawan Pajak Tax Center Universitas BSI dalam memberikan layanan konsultasi dan pendampingan kepada masyarakat terkait perpajakan,” pungkasnya.

Baca juga: Tax Center Universitas BSI Lakukan Serah Terima Relawan Pajak ke KPP Pratama Cengkareng Jakarta Barat

Lanjutnya, relawan akan terus menggali pengetahuan dan pengalaman mereka untuk membantu masyarakat memenuhi kewajiban perpajakan dengan tepat dan efisien. Dalam masa depan, Relawan Pajak Tax Center Universitas BSI akan terus berperan aktif dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak.

“Dengan pengetahuan yang terus diperbarui dan komitmen yang kuat, relawan ini akan menjadi kekuatan yang berharga dalam memperkuat sistem perpajakan negara,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.