Kamu Punya Bisnis Online, Yuk Lakukan Ini!

0 26

Jakarta BSINews-BSI Entrepreneur Center (BEC) merupakan lembaga yang mewadahi pengembangan kewirausahaan mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif, selalu memberikan motivasi kepada mahasiwa dalam membangun bisnis secara online.

Fuad Nur Hasan selaku kepala BEC sekaligus ketua Inkubator Bisnis BSI mengatakan ada beberapa pertanyaan dari mahasiswa yang sedang merintis usahanya atau membangun bisnis secara online terutama agar bisnis yang dijalanan dapat menarik.

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Cara Registrasi Bisnis Online

“Beberapa mahasiswa banyak yang bertanya tentang cara membuat bisnis online di media sosial agar lebih menarik. Itu sebabnya, sangat penting untuk mengetahui cara memulai bisnis online, terutama bagi mereka yang tertarik membuat suatu usaha,” ujar Fuad.

Berikut beberapa tips cara membuat bisnis online di media sosial agar lebih menarik yang dibeberkan oleh Fuad:

1. Isi Dengan Konten Yang Kreatif Dan Informatif

Konten adalah kunci terpenting bagi bisnis online karena dapat mempertahankan pelanggan lama dan menarik pembeli baru. Selain menentukan tema pengantar yang sesuai dengan identitas perusahaan anda, gambar produk yang digunakan sebagai konten juga penting.
Pastikan produk difoto dengan pencahayaan yang baik dan background yang jelas agar fokus produk tetap terjaga. Kemudian tambahkan informasi penting seperti nama produk. Raih perhatian calon pembeli dengan tampilan gambar produk anda.

2. Lampirkan Daftar Produk Dan Harga

Daftar bisa menjadi cara mudah untuk mengenal produk anda lebih baik. Gunakan fitur Instagram/ Tiktok yang paling menonjol untuk menyajikan produk dalam koleksi dengan daftar harga. Jika anda memiliki situs web atau katalog perangkat lunak terpisah, sertakan juga tautannya!

3. Beritahu Media Penjualan Lainnya

Jika produk anda tersedia untuk dibeli di marketplace, situs web, atau mungkin toko online lainnya, beri tahu di media sosial. Hubungkan toko online anda meskipun berada di platform yang berbeda. Poin ini tidak hanya memperluas jangkauan pemasaran anda, tetapi juga memberi pembeli anda kesempatan untuk berbelanja online di lokasi yang paling nyaman bagi mereka.

4. Menulis Konten Ulasan Untuk Pelanggan Atau Key Opinion Leader (KOL)

“Enak sekali…”
“Produknya bagus, kamu harus mencobanya.”
“Itu sepadan!”
Apakah anda membaca kalimat ulasan di atas? Terkadang anda dapat menambahkan konten ulasan positif dari pelanggan atau KOL. Namun akan lebih baik lagi jika review yang dipublikasikan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang produk anda kepada orang lain. Dari deskripsi produk, komentar dan panggilan untuk mencoba produk anda. Kebanyakan orang merasa lebih percaya diri untuk membeli produk berdasarkan ulasan dari pembeli sebelumnya. Ini bisa menjadi trik bisnis anda untuk meyakinkan calon pembeli baru.

5. Jangan Ragu Untuk Menceritakan Kendala Yang Anda Hadapi

Jika perusahaan anda bermasalah dengan semua pembeli, jujurlah tentang alasan dan alasannya. Tentu saja, jika masalah ini hanya memengaruhi beberapa pembeli, anda dapat menghubungi mereka secara pribadi dan menjelaskan langkah selanjutnya.

Baca Juga: Pemanfaatan Aplikasi Bisnis Online “Odoo” Dalam Transaksi E-Commerce

6. Perbarui Inventaris Produk Secara Teratur

Memperbarui informasi inventaris secara rutin adalah informasi penting bagi pembeli anda. Meskipun anda tidak diminta untuk melakukan ini, ini adalah semacam sinyal bagi orang-orang yang akan melihat produk anda, tetapi tetap tidak membelinya. Selain operasi eksternal, pembaruan inventaris rutin penting untuk manajemen internal perusahaan anda.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.