Tingkatkan Kompetensi Lulusan Teknik Industri dengan Sertifikasi Kompetensi

0 516

Jakarta, BSINews — Program studi (prodi) Teknik Industri Fakultas Teknik dan Informatika (FTI), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menyelenggarakan workshop pembekalan sertifikasi kompetensi 3 skema. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui zoom, pada Rabu (7/6/2023) silam.

Baca juga : Membentuk Wirausahawan dan Merancang Usaha, Prodi Teknik Industri Universitas BSI, Adakan Pelatihan konsep dan Keterampilan

Narasumber yang dihadirkan ialah Destiana Putri, yang memaparkan Skema Perencanaan dan Pengendalian Produksi dan Skema Pengelolaan Riset Pasar. Ia menjelaskan bahwa sertifikat kompetensi adalah piagam atau bukti pengakuan tertulis atas penguasaaan komppetensi kerja pada jenis profesi tertentu.

“Sertifikasi kompetensi ini diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas BSI yang telah mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Selain itu, pembekalan perencanaan dan pengendalian produksi mahasiswa diharuskan menyiapkan dokumen portofolio yang menjadi acuan pengalaman dalam mengikuti uji kompetensi pada skema perencanaan dan pengendalian produksi,” jelas Destiana dalam keterangan tertulis, Jumat (9/6/2023).

Sertifikasi Kompetensi Teknik Industri

Hadir sebagai narasumber kedua, Ade Suryanto membawakan materi tentang Skema Pengendalian Kualitas Sistem Manufaktur. Ia juga mengingatkan agar mahasiswa dapat menyiapkan dokumen pendukung sebagai bukti yang dapat di upload dalam uji kompetensi untuk skema yang diambil.

“Lewat workshop pembekalan sertifikasi kompetensi ini diharapkan mampu memberikan kerangka berpikir mahasiswa dalam mengembangkan ide yang lebih visioner pada tugas proyek, sehingga menjadi kekuatan yang dapat memberikan keuntungan yang lebih baik lagi,” ungkap Ade.

Baca juga : Prodi Teknik Industri Universitas BSI Lakukan Studi Banding ke Universitas Trisakti

Ia menambahkan, selain itu workshop ini juga dapat menambah kompetensi mahasiswa dengan bidang yang dikuasai sesuai dengan profil program studi serta dapat memotivasi mahasiswa untuk mempunyai nilai lebih atas dirinya dibandingkan yang tidak memiliki sertifikasi. (LAG)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.