Universitas BSI Tunjukan Dedikasi Tinggi dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat

0 54

Jakarta, BSINews – Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi di Indonesia, yang tidak hanya berfokus pada aspek akademik dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun juga mendorong para dosen untuk berkontribusi pada masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

Kepala LPPM Universitas BSI Dr Taufik Baidawi menyatakan bahwa dedikasi tinggi dalam mengabdi pada masyarakat dari beberapa dosen di Universitas BSI, terlihat dari keterlibatan dalam berbagai kegiatan pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Baca juga: LPPM Kampus Digital Kreatif Gelar Sosialisasi Penerimaan Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kemendikbud Ristek

“Beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh dosen di Universitas BSI antara lain memberikan pelatihan keterampilan bagi masyarakat desa, membantu mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah, serta memberikan penyuluhan tentang literasi media, literasi bahasa dan juga pemahaman mengenai teknologi informasi,” pungkas Taufik.

Lanjutnya, beberapa dosen di Universitas BSI juga ikut dalam seleksi hibah pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Kemendikbud pada tahun 2022 ada 3 kelompok dosen yang lolos hibah pengabdian masyarakat.

“Sementara di tahun 2023 ini ada kurang lebih 30 kelompok dosen yang sudah mendaftarkan hibah pengabdian masyarakat. Pelatihan yang dilakukan oleh dosen-dosen Universitas BSI pun beragam dari hal ekonomi untuk meningkatkan pendapatan bagi masyarakat, tetapi juga dalam hal lingkungan, serta teknologi informasi,” ujarnya.

Baca juga: Workshop Penilaian Evaluasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas BSI

Ia menjelaskan, beberapa dosen yang mendaftarkan hibah pengabdian masyarakat juga membantu mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah dan juga memberikan pelatihan tentang manajemen bisnis dan pemasaran bagi pemilik usaha sehingga mereka dapat mengelola usahanya dengan lebih baik dan dapat memperluas pangsa pasar. Hal ini pun dapat memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen-dosen di lingkungan Universitas BSI, juga telah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan memberikan manfaat yang signifikan bagi mereka. Hal ini merupakan bukti nyata dari dedikasi tinggi para dosen Universitas Bina Sarana Informatika dalam mengabdi pada masyarakat,” paparnya.

Baca juga: Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kemdikbud Ristek 2023 Bagi Dosen

Ia merasa sangat senang dalam upaya memberikan motviasi dan kesempatan kepada dosen-dosen di Universitas BSI untuk berkontribusi pada masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang diprogramkan oleh Kemendikbud dan juga secara internal yang di programkan oleh Universitas BSI.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat dan dapat mempererat hubungan antara universitas dengan masyarakat,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.