6 Tips Bangun Bisnis Online Untuk Pemula

0 133

Jakarta, BSINews – Ingin membangun bisnis tapi banyak yang diperhitungkan. Anda mungkin merupakan orang yang ingin mempunyai bisnis tapi masih di angan-angan karena banyak yang dipertimbangkan, mengkawatirkan tempat display, lokasi dan lainnya?

Jangan khawatir anda akan tetap bisa membangun bisnis. Bagaimana caranya? Yuk simak beberapa tips yang dikemukakan oleh ketua Incubator Center (IC) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sekaligus kepala bagian BSI Entrepreneur Center (BEC) Fuad Nur Hasan, tips ini juga dilansir dari Jenius.com.

Baca juga: Kamu Punya Bisnis Online, Yuk Lakukan Ini!

1. Dijual di marketplace/toko online
Selain media sosial, marketplace menjadi tempat yang tepat untuk berbisnis online. Pasar yang luas dan jutaan pengguna memberikan peluang besar bagi produk Anda untuk dikenal dan dibeli orang. Selain itu, tidak bisa dipungkiri banyak orang yang merasa lebih nyaman berbelanja di toko online, karena prosesnya lebih mudah, aman dan menawarkan pilihan pembayaran yang beragam.
Anda juga dapat menghemat anggaran penawaran, karena pasar biasanya memiliki penawaran sendiri yang berguna bagi pembeli, seperti Pengiriman gratis atau potongan harga.

2. Buat medsos yang menarik
Bisnis Anda memerlukan akun media sosial terpisah untuk menarik calon pembeli baru dengan mudah. Jadikan akun Twitter atau Instagram perusahaan Anda sekreatif dan seinformatif mungkin untuk orang-orang baru yang baru mengenal produk Anda. Gunakan gambar dan caption yang menarik di media sosial dan sertakan link perusahaan Anda ke marketplace.

3. Mulailah menggunakan iklan Instagram atau Facebook
Perluas pasar Anda dengan iklan media sosial. Tidak ada salahnya mengeluarkan uang ekstra untuk mencoba cara baru meningkatkan eksposur merek, lalu lintas situs web, atau menarik pembeli baru. Instagram dan Facebook adalah platform visual. Oleh karena itu, buatlah teks yang efektif dan sertakan gambar atau video yang menarik dalam iklan Anda.

4. Tawarkan penawaran atau paket
Siapa yang tidak suka potongan harga? Baik pembeli baru maupun pelanggan setia harus tertarik dengan penawaran tersebut. Terkadang Anda mungkin menawarkan penawaran beli 1 gratis 1, diskon liburan, hadiah, atau penawaran lainnya. Jika produk Anda cocok dengan pembeli, Anda dijamin akan mendapatkan repeat order!

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Cara Registrasi Bisnis Online

5. Pastikan pembeli dapat menghubungi Anda dengan mudah
Banyak calon pembeli sering mulai membeli barang secara online dengan mengajukan pertanyaan tentang produk tersebut. Jadi jika Anda menjalankan bisnis, isi akun bisnis Anda dengan nomor telepon dan alamat email bisnis, lalu pastikan Anda selalu membaca pesan yang masuk ke berbagai akun pemasaran online Anda.

6. Kelola keuangan perusahaan Anda dengan baik
Strategi bisnis tidak hanya pemasaran, tetapi juga manajemen keuangan. Sadarkah Anda bahwa ada kendala dalam menjalankan bisnis yang sangat mengganggu Anda? Mulai dari kerumitan membuka rekening bisnis hingga kebutuhan akan banyak rekening bank hingga mencampurkan uang pribadi dengan bisnis Anda.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.