Dosen Universitas BSI Edukasi Pemanfaatan Media Sosial Kepada Santri Pondok Pesantren Daarul Hasanah

0 92

BSINews, Bogor- Kegiatan pemhabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh kelompok Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) salah satunya di selenggarakan di Pondok Pesantren Daarul Hasanah di Jl. Abdul Fatah Kampusng Babakan Rt.22/05, Cinangneng, Kec. Tenjolana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Pentingnya Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pengembangan Wirausaha

Mengusung tema pengabdian masyarakat pelatihan pemanfaatan media sosial dalam menyebarluaskan kegiatan pada pondok pesantren daarul hasanah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah terlaksanan pada Sabtu, 9 September 2023.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diketua oleh  Arina selaku ketua kelompok pengabdian masyarakat yang dibantu oleh para anggotanya antara lain Rachmawati, Firmansyah, Sopian dan 2 orang mahasiswa Universitas BSI.

Arina selaku ketua kelompok pengabdian masyarakat kali ini mengatakan bahwa kegiatan  tema pengabdian kepada masyarakat kali ini adalah sebagai bentuk implementasi keilmuan yang kami miliki dibidang IT dan juga sebagai langkah untuk mengedukasi masyarakat.

“Kami mengusung tema pengabdian kepada masyarakat kali ini adalah sebagai bentuk implementasi keilmuan yang kami miliki dibidang IT dan juga sebagai langkah untuk mengedukasi masyarakat terkhususnya pada saat ini adalah para pengurus dan santri dari Pesantren Daarul Hasanah  dalam pemanfaatan media sosial untuk hal-hal positif,” jelas Arina dalam keterangan tertulis Selasa (12/9/23).

“Media Sosial itu tergantung dari siapa yang menggunakannya, jika si pengguna media sosial menggunakannya untuk hal-hal positif maka akan menghasilkan hal-hal positif juga tapi tidak jarang juga media sosial dijadikan untuk hal-hal tidak baik dan merugikan orang lain” kata Arina.

Arina juga menambahkan bahwa pentingnya ada edukasi mengenai media sosial kepada masyarakat luas agar masyarakat bisa lebih memperhatikan hal-hal yang mereka lakukan di media sosial.

“Salah satu pemanfaatan media sosial bagi pesantren Daarul Hasanah adalah media sosial dapat digunakan sebagai dokumentasi kegiatan, serta menyebarluaskan informasi kegiatan, serta menyebarluaskan dakwah atau ajaran agama islam lebih luas lagi. Jika hal tersebut di implementasi tidak menutup kemungkinan bahwa akan menarik donatur dan juga calon santri baru,” ungkap Arina.

Sementara itu, Hadi Wibowo selaku pengasuh di pondok pesantren mengungkapkan rasa terima kasih kepada kelompok pengabdian kepada masyarakat Universitas BSI yang sudah bersedia untuk mengedukasi dan membagiakan ilmu pengatuhan mengenai pemanfaatan media sosial dalam hal-hal positif.

“Pondok pesantren memang sarana untuk para santri belajar dan mendalami pendidikan agama, tetapi pondok pesantren saat ini juga harus memahami tentang perkembangan teknologi agar santri-santrinya nanti dapat dengan bijak menggunakan media sosial dan bisa memanfaatkan media sosial sebagai media dakwah serta menyebarkan ilmu agama lebih luas,” jelas Hadi.

Baca Juga: Pemanfaatan Media Sosial Untuk Branding Panti Asuhan Yatim Piatu Naelul Khair Kota Bekasi

Hadi juga berharap dengan belajar mengenai pemanfaatan media sosial, pengurus dan santri di pesantren Daarul hasanah dapat terhindar dari dampak negatif media sosial, serta hal ini menjadi soft skill tambahan untuk santri saat nanti mereka lulus dari pesantren daarul hasanah ini.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.