Dosen Universitas BSI Beri Pelatihan Pemanfaatan Google Lens di Dunia Pendidikan

0 11

Depok, BSINews–Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) berikan pelatihan pemanfaatan google lens. Di Era yang serba cepat saat ini, diperlukan suatu cara pemrosesan yang cepat dan reliable. Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini sudah membawa berbagai inovasi yang memudahkan kehidupan sehari-hari. Salah satu topik yang saat ini sangat populer yakni pengenalan objek secara spesifik, dengan teknologinya disebut dengan Object Instant Recognition (OIR).  Salah satu aplikasi yang menggunakan teknologi ini adalah Google Lens.

Pada Sabtu, 7 Oktober 2023, dosen Universitas BSI melaksanakan pengabdian Masyarakat dengan tema Pelatihan Pemanfaatan Google Lens di Dunia Pendidikan.

Baca juga: Sosialisasi Pemanfaatan Isentif Pajak dan Strategi Pemasaran Untuk Tingkatkan Penjualan

Dosen Universitas BSI Beri Pelatihan

Pelatihan ini ditunjukan untuk siswa/i pada Madrasah Ibtidaiyah Daruh Hikmah Depok.

Tujuan dilaksakan pelatihan ini adalah untuk membantu mempermudah siswa siswi dalam memperoleh informasi menggunakan objek dalam gambar, untuk menunjang pembelajaran.

Berdasarkan penjelasan dari pembicara yunita yang juga dosen Universitas BSI Google  Lens  merupakan   layanan kecerdasan buatan (Al) dan  Machine Learning  yang   mampu   mendeteksi   objek secara langsung   melalui   perangkat kamera   smartphone.

“Google Lens sendiri dikeluarkan oleh perusahaan Google dengan konsep menggabungkan antara dunia virtual dan dunia nyata atau sering disebut Augtemented reality,” terangnya.

Baca juga: Dosen dan Mahasiswa FTI Universitas BSI Beri Pelatihan Desain Grafis

Berdasarkan penelitian, kata Yunita penggunaan media pembelajaran Google Lens dapat meningkatkan antusiasme siswa mengikuti pembelajaran, serta dapat melatihkan ketrampilan siswa dalam mengkontruksi pengetahuannya secara mandiri.

“Penggunaan media pembelajaran Google Lens diharapkan dapat meningkatkan keterampilan siswa/i Madrasah Ibtidaiyah Daruh Hikmah Depok dalam mencari informasi secara mandiri berbasis ICT sehingga tercipta pembelajaran yang efektif,”  paparnya.

Peserta antusias mengikuti penjeleasan dari pembicara, mereka sangat teratrik untuk mencoba mancari informasi menggunakan Google lens. Peserta berharap kegiatan sejenis dapat dilaksanakan kembali dan berkelanjutan. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.