Universitas BSI Kampus Purwokerto Gandeng BNN Kabupaten Banyumas Cegah Penyalahgunaan Narkoba

0 63

Purwokerto, BSINews — Sebagai Kampus Digital Kreatif, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto mengambil langkah proaktif dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Banyumas.

Baca juga : Tumbuhkan Kesadaran Pentingnya Donor Darah, Universitas BSI Kampus Purwokerto Jalin Kerjasama dengan PMI Kabupaten Banyumas

Lewat kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang digelar pada Rabu, 13 September 2023, BNN terjun langsung untuk memberikan pemahaman bahaya penggunaan narkoba kepada mahasiswa baru serta peran masyarakat dalam pencegahan narkoba.

Indra selaku perwakilan dari BNN Kabupaten Banyumas menjelaskan bahaya penggunaan termasuk dampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental serta implikasinya dalam kehidupan sosial dan akademik.

“Penggunaan narkoba dapat memberikan dampak buruk apalagi generasi muda dianggap sebagai generasi yang mampu memberikan perubahan untuk negara ini. Sebagai generasi penerus bangsa, alangkah lebih baik agar kita menjauhi narkoba,” ujarnya.

Universitas BSI Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Indra juga memberikan pemahaman yang mendalam tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh BNN Kabupaten Banyumas dalam memerangi peredaran narkoba di wilayah tersebut. Selain itu,Ia juga memaparkan informasi tentang bagaimana mengidentifikasi tanda-tanda penyalahgunaan narkoba dan cara melaporkannya kepada otoritas yang berwenang.

Menanggapi hal ini, Chandra Kesuma selaku kepala kampus Universitas BSI kampus Purwokerto mengatakan bahwa dalam kegiatan PKKMB ini juga terjadi penandatanganan nota kesepakatan kerjasama antara Universitas BSI dengan BNN Kabupaten Banyumas.

“Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang bahaya narkoba di kalangan mahasiswa dan masyarakat luas. Dengan kerja sama ini, Universitas BSI kampus Purwokerto berkomitmen untuk mendukung upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba serta menyediakan platform untuk penyuluhan dan advokasi,” kata Chandra.

Lanjutnya, Kegiatan penyuluhan ini merupakan salah satu langkah konkret dalam PKKMB Universitas BSI Kampus Purwokerto yang berfokus pada pembentukan mahasiswa yang sadar akan bahaya narkoba.

Baca juga : Universitas BSI Kampus Purwokerto Kerja Sama dengan PMI dan BNN Dalam Acara PKKMB

“Diharapkan, mahasiswa baru tidak hanya akan menjadi penerima informasi, tetapi juga menjadi agen perubahan yang dapat menyebarkan pemahaman ini kepada masyarakat luas dan bersama-sama memerangi penyalahgunaan narkoba,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.