Mendalami Kearifan Pendidikan Digital, Kodrat Anak Menurut Raden Dewi Noviyanti

0 48

Karawang, BSINews – Seminar Pemuda Digital Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Karawang bertajuk “Akselerasi Transformasi Pendidikan Menggunakan Artificial Intelligence” digelar pada Rabu, 29 November 2023, di Hotel Swiss-Belinn Karawang, menjadi panggung bagi Raden Dewi Noviyanti, Ketua MGBK SMK Kabupaten Karawang yang memberikan keynote speech berkesan kepada peserta.

Dalam keynote speechnya, Dewi Noviyanti merangkai makna pendidikan dengan mengutip filosofi Ki Hajar Dewantara. Menurutnya, pendidikan merupakan proses membimbing segala kekuatan kodrat anak, melibatkan kodrat alam dan kodrat zaman.

Baca juga: Universitas BSI Kampus Karawang Sukses Adakan Seminar Pemuda Digital

Dewi menekankan pentingnya pendidikan yang menyesuaikan dengan lingkungan, baik kultur budaya maupun kondisi alam geografis, serta selaras dengan perkembangan zaman dan teknologi.

“Kodrat alam, yakni pendidikan yang sesuai dengan lingkungan alam peserta didik. Kodrat zaman, pendidikan harus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi,” ujarnya.

Dewi menjelaskan bahwa teknologi dalam pendidikan tidak hanya menjadi media pembelajaran, tetapi juga sebagai alat administratif dan sumber belajar. Implementasi teknologi di Indonesia telah mengubah paradigma pembelajaran dan membuka akses informasi secara global.

“Saat ini, teknologi membawa dampak positif dengan semakin terbukanya akses informasi dan pengetahuan. Informasi dan ilmu pengetahuan dapat dengan mudah menembus batas ruang dan waktu,” tambahnya.

Namun, Dewi juga mengingatkan tentang dampak negatifnya, termasuk perubahan perilaku, etika, norma, aturan, atau moral kehidupan yang bisa bertentangan dengan nilai-nilai norma dalam kehidupan. Dengan demikian, perlu adanya kesadaran akan penggunaan teknologi yang bijak dalam dunia pendidikan.

Baca juga: Respons Positif Guru-Guru Terhadap Seminar Pemuda Digital Universitas BSI Kampus Cikampek

“Seminar ini tidak hanya menjadi forum untuk memahami transformasi pendidikan digital tetapi juga merangsang pemikiran tentang bagaimana mengelola perkembangan teknologi agar sesuai dengan nilai-nilai kehidupan dan pendidikan yang diinginkan,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.