Prodi Perhotelan Universitas BSI Sukses Laksanakan Workshop Basic Fruit Carving Course

0 12

Bekasi, BSINews — Program studi (prodi) Perhotelan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menyelenggarakan kegiatan Basic Fruit Carving Course. Kegiatan ini sukses terlaksana di Lab Kitchen Universitas BSI kampus Kaliabang, Bekasi, pada Selasa (19/12/2023).

Workshop ini merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan membangun kreativitas diri dibidang kuliner dalam dunia kerja bagi mahasiswa perhotelan.

Baca juga : Prodi Perhotelan Bekerjasama dengan Chef Harris Hotel & Conventions Bekasi Melaksanakan Workshop Continental Food Competition Class

Dyah Mustika Wardani selaku Kaprodi Perhotelan Universitas BSI dalam sambutannya mengharapkan mahasiswa dapat menuangkan ide dan kreativitasnya pada workshop basic fruit carving course agar dapat menciptakan karya seni di bidang kuliner.

“Dengan didukung oleh para narasumber berpengalaman, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengasah keterampilan dalam seni ukir buah, sebuah keterampilan yang tidak hanya memperkaya pengetahuan kuliner mereka, tetapi juga menjadi nilai tambah di dunia industri perhotelan,” ujar Dyah.

Chef Tanto selaku Chef Hotel Pullman Ciawi hadir sebagai pemateri pada workshop ini. Ia menjelaskan bahwa dalam membuat suatu karya seni mengukir buah dibutuhkan ide dan kreativitas supaya dapat menciptakan suatu karya seni yang indah.

Workshop Basic Fruit Carving Course

“Dengan mendalami seni ukir buah, diharapkan mahasiswa dapat memberikan sentuhan estetika yang unik dalam penyajian hidangan di industri perhotelan. Workshop ini juga menjadi sarana bagi mereka untuk lebih memahami tata cara dan teknik dasar dalam mengukir buah, yang dapat diterapkan dalam situasi nyata di dunia kerja nantinya,” ujar Chef Tanto.

Selama kelas carving ini, mahasiswa akan diperkenalkan pada berbagai topik, termasuk:

Pengenalan Alat dan Bahan:
Mahasiswa diajak untuk mengenal berbagai alat dan bahan yang diperlukan dalam seni ukir buah. Mereka diberikan panduan praktis tentang cara memilih buah yang tepat, mempersiapkannya, dan menggunakan berbagai pisau dan peralatan carving.
Teknik Dasar Carving:
Narasumber menyampaikan teknik dasar dalam seni ukir buah, mulai dari pembentukan dasar hingga detail yang lebih halus. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mencoba sendiri di bawah bimbingan langsung.
Proyek Latihan Pertama:
Setelah pembelajaran teknik dasar, peserta diminta untuk membuat proyek latihan pertama mereka. Mereka diberikan bimbingan individu dan umpan balik konstruktif untuk membantu meningkatkan keterampilan mereka.

Baca juga : Prodi Perhotelan Universitas BSI Akan Gelar Workshop Carving Food
Sesi Inspirasi dan Kreativitas:
Narasumber berbagi contoh karya-karya inspiratif dalam seni ukir buah. Peserta diajak untuk berpikir kreatif dan menciptakan desain mereka sendiri dengan menggabungkan teknik yang telah dipelajari. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.