Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Ikuti Workshop Multi Camera

0 3

Jakarta, BSINews– Sebagai kampus Digital Kreatif, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melalui Program studi (prodi) Ilmu Komunikasi menggelar serangkaian workshop atau pelatihan dari salah satu bidang keilmuan Broadcasting yaitu Multi Camera. Kegiatan ini dilaksanakan di Studio TV Universitas BSI kampus Pemuda, pada tanggal 16 hingga 21 Desember 2023.

Baca juga : Workshop Fotografi Studio dan Hunting Foto Outdoor: Menggali Kreativitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas BSI

Kegiatan ini di pandu langsung oleh praktisi profesional yaitu Diki Umbara yang sudah lama malang melintang dalam kancah broadcasting, pertelevisian nasional dan akademisi. Materi yang di paparkan antara lain mahasiswa wajib untuk paham dan dapat mengaplikasikan sistem studio multicamera dan teknis serta konsep talkshow.

Konsep talkshow sendiri di usung dalam workshop ini karena di  nilai tidak terlalu sulit namun mencakup keseluruhan aspek teknis penerapan multicamera.

Mahasiswa sebelumnya sudah mendapatkan pengarahan dari Kaprodi Ilmu Komunikasi dan Mas Diki Umbara selaku mentor via zoom. Kemudian mahasiswa dalam satu kelas di bagi menjadi dua kelompok yang masing-masing memiliki konsep tersendiri. Selain mahasiswa membedah tema talkshow, pemahaman dala praktikum multicamera ini pun secara langsung memberikan kesempatan untuk bertindak seolah menjadi crew studio control seperti pada stasiun tv profesional.

Workshop Multi Camera

Diki Umbara mengungkapkan “Praktikum multicamera seperti ini belum tentu ada di kampus lain, Universitas BSI luar biasa bisa menyelenggarakan ini. Praktikum multicamera memiliki tingkat kesulitan dan keunikan yang berbeda dari praktikum lainnya. Meskipun ini masih sekedar simulasi namun penerapan live atau siaran langsung sudah di tekankan dari awal, oleh karena itu harus tidak ada kesalahan alias zero mistake,” ujar Diki.

Menurutnya, Studio Universitas BSI kampus Pemuda memiliki sarana pendukung yang cukup memenuhi standar broadcast, terlihat dari tidak adanya komplain dari mahasiswa terkait dari pelaksanaan workshop multicamera.

Sementara itu, Anisti selaku Kaprodi Ilmu Komunikasi mengungkapkan “Sistem multicamera itu rumit, tidak ada istilah retake. Jadi mahasiswa harus memaksimalkan waktu untuk melakukan pra produksi hingga gladi resik sebelum live,” pungkasnya.

baca juga : Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI Gelar Workshop Produksi Film Pendek

Pembagian tugas atau job description itu sendiri terbagi menjadi dua divisi yaitu, divisi studio control room dan divisi panggung. Mahasiswa di minta untuk saling bertukar posisi di setiap sesi nya guna merasakan beban kerja yang berbeda. Di semester tiga ini masih sekedar simulasi dan belum sampai tahap recording namun mahasiswa wajib mengikuti rangkaian ini sebelum nanti di semester lima akan live sesungguhnya dalam satu kesatuan stasiun tv kampus. (LAG)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.