Workshop Editing Universitas BSI, Mengasah Keahlian Dosen Ilmu Komunikasi untuk Mencetak Lulusan Berkualitas

0 31

BSINews, Jakarta – Program studi Ilmu Komunikasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar workshop editing pada Selasa (30/1) secara daring. Workshop ini akan diselenggarakan dalam dua tahapan, memberikan pelatihan daring dan sesi praktek offline di Universitas BSI kampus Pemuda pada Rabu, 7 Februari 2024 mendatang.

Kaprodi Ilmu Komunikasi, Anisti, mewajibkan kehadiran dosen Prodi Ilmu Komunikasi dalam workshop ini. Workshop dihadiri oleh seluruh dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universiras BSI dengan tujuan utama meningkatkan kemampuan dan kompetensi terkait mata kuliah editing.

Baca juga: Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa S1 Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI Melalui Uji Asesmen Sertifikasi

Anisti menegaskan bahwa pengetahuan terkait editing sangat bermanfaat, tidak hanya dalam mata kuliah editing, melainkan juga dalam mata kuliah lain seperti penulisan naskah, produksi film, atau film dokumenter.

“Biarpun tidak ada passion di editing, pengetahuan terkait editing akan sangat membantu ketika kita mengajarkan penulisan naskah, produksi film, atau film dokumenter,” ungkap Anisti.

Anisti juga menekankan bahwa kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan kompetensi dosen di Prodi Ilmu Komunikasi, sejalan dengan tujuan menghasilkan lulusan berkualitas yang dapat bersaing di dunia pendidikan dan dunia kerja sesuai dengan profil lulusan ilmu komunikasi.

“Kami berharap dengan adanya workshop ini, tujuan prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI untuk menghasilkan lulusan yang hebat bisa tercapai,” tambah Anisti.

Muhammad Ichsan, dosen Ilmu Komunikasi Universitas BSI sekaligus content creator, menjadi pembicara pada workshop editing ini. Ichsan menjelaskan bahwa editing video termasuk dalam ranah post-production, di mana semua kebutuhan gambar dan audio telah rampung dieksekusi pada tahap produksi dan merupakan hasil dari brainstorming pada saat pra-produksi.

Baca juga: Seminar Semiotika Universitas BSI: Meningkatkan Kompetensi Dosen dan Pemahaman Ilmu Komunikasi

“Seorang editor harus memiliki sense of art yang baik,” ujar Ichsan.

Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan artistik dosen, sehingga proses pembelajaran dapat lebih berkualitas dan mahasiswa dapat meraih kesuksesan di dunia industri.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.