Workshop Pemanfaatan Teknologi AI Untuk Peningkatan Produktifitas Penelitian Dosen Universitas BSI Kampus Pontianak

0 156

BSINews, Pontianak-Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) sangat pesat. AI kini banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang termasuk riset dan penelitian. AI tools seperti text summarization, text generation, image/data processing, dan lainnya terbukti dapat membantu mempercepat dan meningkatkan kualitas penelitian.

Baca Juga: Tingkatkan Potensi Belajar Mengajar Menggunakan Teknologi AI, Dosen Universitas BSI Sukses Gelar Pengabdian Masyarakat

Program studi sistem informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus  Pontianak bekerjasama dengan LPPM Universitas BSI  mengadakan kegiatan Workshop Pemanfaatan AI Tools Dalam Upaya Peningkatan Produktifitas Penelitian Dosen, Rabu (07/02/24).

Dalam sambutannya Muhammad Sony Maulana selaku ketua program studi sistem informasi Universitas BSI kampus Pontianak mengatakan  tujuan workshop ini adalah untuk  pemanfaatan AI tools dalam upaya peningkatan produktifitas penelitian dosen untuk membekali para dosen dengan pengetahuan dan keterampilan pemanfaatan berbagai AI tools yang relevan untuk penelitian mereka.

“Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan dosen dalam menerapkan AI tools sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan kualitas penelitian serta publikasi ilmiahnya. Dengan demikian, perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia dapat semakin maju,” jelas Sony.

Sementara itu, Latifah selaku narasumber menyampaikan bahwa AI tools yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas riset. AI tools seperti text summarization, text generation, image/data processing, dll dapat mempercepat proses penelitian.

“Praktek menggunakan berbagai tools AI yang dapat digunakan di dalam penelitian seperti Wizdom yang dapat membantu penelitian dengan sumber data penelitian internasional. SciSpace AI, tools AI yang dirancang untuk memfasilitasi dan meningkatkan proses pemahaman makalah penelitian,” tuturnya.

Ia  juga menambahkan bahwa workshop pemanfaatan ai tools juga sebagai upaya peningkatan produktifitas penelitian dosen.

Baca Juga: Guru Sekolah Beri Komentar Pada Seminar Pemuda Digital, Pahami Lebih Jauh Teknologi AI untuk Pendidikan

“Ini didapati bahwa tools AI yang tersedia secara digital dan bebas dapat digunakan untuk meningkatkan kedalaman dan referensi dari penelitian-penelitian dan merencanakan roadmap penelitian dosen secara pribadi yang menginduk kepada roadmap penelitian Prodi ataupun Fakultas,” tegasnya.(RDX)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.