Prodi RPL Universitas BSI Gelar Workshop Python For Machine Learning Untuk Dosen

0 80

BSINews, Jakarta-Dalam rangka menyiapkan semester genap 2023/2024, program studi (prodi) Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar kegiatan Workshop Python For Machine Learning untuk dosen. Kegiatan ini berhasil dilaksanakan secara luring, di Universitas BSI Kampus Kramat 98. pada Kamis (7/3/2024).

Baca Juga: Universitas BSI Kolaborasi dengan SMK Raflesia Depok Akan Adakan Workshop Python for Machine Learning

Ahmad Setiadi selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) RPL Universitas BSI dalam sambutannya mengatakan bahwa Workshop Python For Machine Learning dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dan pengetahuan bagi dosen.

“Diharapkan Workshop ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi dosen prodi RPL Universitas BSI dalam mempersiapkan perkuliahan tahun ajaran Genap 2023/2024. Apalagi Universitas BSI dikenal sebagai Kampus Digital Kreatif, maka hal ini dirasa perlu dilaksanakan,” jelasnya.

Sementara itu, Wahyutama Fitri Hidayat selaku narasumber sekaligus  dosen Universitas BSI menjelaskan bahwa Merupakan suatu cabang dari ilmu Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence) yang terfokus kepada pembelajaran mesin sehingga bagaimana komputer dapat belajar dari data sehingga dapat meningkatkan kecerdasannya.

“Machine Learning menjadi komponen penting dalam perkembangan Data Science. Melalui penggunaan metode statistik, algoritma dilatih untuk membuat klasifikasi atau prediksi, mengungkap wawasan utama dalam proyek penambangan data. Kemampuan akan Machine Learning ini kemudian menambah wawasan akan data sehingga proses pengambilan keputusan menjadi lebih akurat,” jelas Wahyutama.

Ia juga menambahkan, penggunaan python bisa menjadi salah satu alternatif dalam machine learning.  Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan Machine Learning.

Baca Juga: Workshop Machine Learning with Python Tingkatkan Kompetensi Dosen Universitas BSI kampus Sukabumi

“Implementasi Penggunaan python pada machine learning dapat menggunakan Google Collabs. Dengan beberapa tahapan, akan tetapi harus memahami Langkah-langkah membangun Machine Learning terlebih dahulu, yaitu : Memahami permasalahan, Menganalisis dan memproses data, Membuat Model Machine Learning, Melatih Program, Melakukan evaluasi terhadap model, Meningkatkan Model dan terakhir mengulangisegala prosesnya sampai betul-betul sudah bisa dianggap maksimal,” tegasnya.(RDX)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.