Tambah Wawasan Dan Kompetensi, Program Studi Manajemen Pajak Selenggarakan Workshop dan Tes Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

0 36

BSINews, Jakarta-Program Manajemen Pajak Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyelenggarakan Workshop dan Tes Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di Kampus Dewi Sartika 289, Cawang, pada Kamis, 20 Juni 2024.

Baca Juga: Program Studi Manajemen Pajak Universitas BSI Gelar Sertifikasi Kompetensi Akuntansi Zahir Accounting Bagi Mahasiswa

Kegiatan ini ditujukan bagi mahasiswa semester 4 Program Studi Manajemen Pajak dan bertujuan untuk menambah pemahaman mereka dalam mengisi SPT PPN serta mengaplikasikan peraturan terbaru terkait PPN.

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) adalah pajak yang dikenakan pada setiap transaksi jual beli barang atau jasa yang melibatkan wajib pajak orang pribadi atau badan dengan status Pengusaha Kena Pajak. Pemerintah telah menaikkan tarif PPN dari 10% menjadi 11% mulai April 2022.

Hartanti selaku moderator  menyampaikan tujuan acara dan harapannya agar peserta mendapatkan pemahaman mendalam mengenai kebijakan terbaru serta teknik pengisian SPT PPN.

“Hal ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan penerimaan negara melalui penambahan basis pajak, tetapi juga untuk menciptakan keadilan dalam pemungutan pajak. Pembahasan PPN telah menjadi hal yang tidak asing dalam setiap kegiatan ekonomi yang kita lakukan, dan menjadi pengetahuan yang diketahui oleh berbagai lapisan masyarakat, termasuk mahasiswa Program Studi Manajemen Perpajakan di Universitas BSI,” jelas Hartanti.

Fitri Rahmiyatun  selaku narasumber menjelaskan  materi terkait karakteristik PPN, subyek dan obyek PPN, Barang Kena Pajak (BKP) dan Jasa Kena Pajak (JKP), tarif dan Dasar Pengenaan Pajak (DPP) PPN, serta pengisian SPT PPN 1111.

Baca Juga: Program Studi Manajemen Pajak Menghadiri Undangan IKPI Seminar Konsultan Pajak di Kementerian Keuangan

“Kegiatan dilanjutkan dengan tes kompetensi PPN yang berfokus pada pengisian SPT PPN 1111 menggunakan aplikasi E-Faktur dari soal studi kasus yang telah disiapkan. Tes ini bertujuan untuk evaluasi dan mengukur pengetahuan serta kemampuan peserta dalam menyelesaikan kasus pengisian SPT PPN 1111. Sertifikat akan diberikan kepada peserta yang berhasil lulus tes ini, yang tentunya akan menjadi nilai tambah bagi mahasiswa dalam karier mereka di masa depan,” jelasnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, wawasan dan kompetensi mahasiswa program studi manajemen pajak di bidang perpajakan dapat meningkat secara signifikan,” tegasnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.