Google Forms Sebagai Media Pengumpulan Data

0 15

Tangerang, BSINews – Sekelompok dosen program studi Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memberikan pelatihan ‘Pemanfaatan Google Forms Sebagai Media Pengumpulan Data’ pada Anggota Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) Ciledug, Tangerang, Minggu (11/9) secara hybrid yaitu dengan offline dan online.

Pelaksanaan pelatihan ini diikuti oleh puluhan anggota Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (Ipnu) Ciledug, yang berlokasi di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, Gg. H. Jukih, RT. 02 RW. 10 No. 95, Paninggilan Utara, Ciledug, Tangerang.

Sedangkan kelompok dosen prodi Sistem Informasi Universitas BSI ini diketuai oleh Kartika Mariskhana dan beranggotakan Murniyati sebagai tutor, Nining Suharyanti, Achmad Syahlani, serta dibantu oleh beberapa mahasiswa seperti Andika Dwi Rizqi Kurniawan dan Adinda Rahma Pratiwi.

Dosen Universitas BSI Latih Penggunaan Google Forms

Murniyati selaku tutor menjelaskan, bahwa Google Forms menyediakan formulir daring secara gratis yang dapat digunakan siapa saja. Pengguna dapat menggunakannya untuk pendataan warga, survei, data penelitian, pendaftaran, atau keperluan lainnya.

Baca juga: Dengan Pelatihan Membuat Konten, Dosen Universitas BSI Sukses Melaksanakan Pengabdian Masyarakat

“Fungsi lainnya yaitu Menggunakan formulir elektronik akan memudahkan pencarian data. Informasi tersebut akan tersimpan otomatis pada server yang dimiliki Google. Dengan adanya Layanan Google Forms jadi lebih praktis, efisien dan gratis tentunya,” kata Murni, Minggu (11/9).

Lanjutnya, Penggunaan Google Forms ini sangat mudah, sehingga survei dan formulir bisa dibuat oleh siapa saja. Google Forms juga merupakan salah satu aplikasi dari Google yang mempermudah pengguna untuk mendapatkan data survei secara online.

“Selain itu, aplikasi ini juga terhubung dengan Google Sheet yang semakin memudahkan pengguna untuk mengolah data yang didapat,” ujarnya.

Baca juga: Beri Tips Pemasaran Secara Daring, Dosen Universitas BSI Sukses Gelar Pengabdian Masyarakat

Di sisi lain, Kartika selaku ketua kelompok pengabdian masyarakat dosen prodi Sistem Informasi Universitas BSI mengatakan, adapun kendala yang dihadapi para tutor dalam mentransfer ilmu dan pengetahuan yaitu kemampuan peserta dalam menggunakan google forms untuk membuat formulir baru, terutama mendesain formulir.

“Dalam pengabdian masyarakat ini diharapkan menghasilkan keluaran berupa forms kuesioner untuk mengumpulkan data bagi anggota IPNU butuhkan, di mana saat ini anggota IPNU jika ingin melakukan pengumpulan data sedikit terhambat dan kurangnya pengetahuan tentang fungsi google forms atau belum memiliki formulir online apapun,” tutur Kartika, Minggu (11/9).

Baca juga: Lewat Pemahaman Literasi Digital, Dosen Universitas BSI Sukses Laksanakan Pengabdian Masyarakat

Lalu ia menyampaikan, dengan diberikannya pelatihan ini kepada anggota IPNU Ciledug dapat menjadi lebih produktif dan kreatif. Sehingga mereka dapat memanfaatkan waktunya untuk mengumpulkan data lebih efektif, efisien dan tentunya gratis asalkan sudah memiliki akun google.

“Kami dosen dari Universitas BSI, khususnya dari prodi Sistem Informasi sangat senang berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi kepada anggota IPNU Ciledug, agar dapat mempraktekkannya melalui kegiatan pengabdian masyarakat,” pungkasnya.

Ia berharap, semoga ilmu pengetahuan yang telah diberikan dosen Universitas BSI menjadi lebih berguna dan memberikan manfaat bagi peserta pelatihan yang telah mengikuti pengabdian masyarakat.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.