Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM Menggunakan Google Ads

0 49

BSINews, Bogor – Optimalisasi pemasaran produk merupakan sebuah usaha dalam mencari bentuk terbaik dalam kegiatan memasarkan produk/jasa. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menjangkau calon-calon pelanggan potensial. Usaha yang dilakukan di antaranya yakni dengan menggunakan berbagai sumber daya dan media yang ada sebagai wadah pemasaran yang maksimal.

Menyikapi hal tersebut, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) terdorong untuk mengadakan pengabdian masyarakat (PM). PM yang berupa pelatihan dalam menggunakan salah satu media iklan online, yakni Google Ads ini telah terselenggara pada Sabtu (10/9). Pelatihan dengan peserta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ini dilaksanakan secara hybrid di Koperasi Wanita Atsiri kabupaten Bogor.

Baca Juga : Beri Tips Pemasaran Secara Daring, Dosen Universitas BSI Sukses Gelar Pengabdian Masyarakat

Pelatihan optimalisasi pemasaran produk

Slamet Heri yang merupakan salah satu tim pelaksana mengatakan, pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian dosen Universitas BSI terhadap pelaku UMKM. Pelatihan ini memiliki tujuan untuk memperluas jangkauan pemasaran UMKM dengan melalui promosi iklan di media online menggunakan Google Ads.

Google Ads dapat menjadi salah satu pilihan bagi para pelaku bisnis yang ingin mempromosikan produknya. Pada iklan dengan menggunakan Google Ads, pebisnis dapat memilih beberapa jenis iklan yang dapat ditayangkan seperti: iklan penelusuran, iklan display, iklan video dan juga iklan aplikasi,” ujar Slamet dalam keterangan rilis (12/9).

Pelaksana PM ini terdiri dari Ratih Hastasari sebagai ketua Tim, dengan dibantu anggota kelompok dosen yang terdiri dari Irwan Raharja, Tri Lestari, dan Slamet Heri Winarno sebagai pemateri. Di samping itu, terdapat juga mahasiswa Universitas BSI yang membantu peserta pelatihan saat melakukan praktik dalam langkah-langkah membuat akun pada Google Ads.

“Jangkauan pemasaran yang lebih luas dapat dilakukan jika kita dapat menggunakan media iklan yang tepat, dan pebisnis senantiasa diharapkan terus update dengan senantiasa melakukan proses penciptaan nilai tambah pada produk/jasa yang dimiliki secara berkesinambungan,” papar Tri Lestari.

Baca Juga : Bantu Tingkatkan Promosi Produk UMKM, Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan

Rodijah yang merupakan salah satu peserta pelatihan mengaku sangat senang karena adanya pelatihan optimalisasi pemasaran produk ini. Selain itu, peserta lainnya pun sangat antusias mengikuti pelatihan dan praktik membuat akun, sehingga suasana pelatihan menjadi sangat interaktif.

“Kami senang dan berterima kasih kepada bapak ibu dosen yang telah memberikan pelatihan optimalisasi pemasaran produk ini. Sehingga kami memiliki tambahan pengetahuan dalam hal mempromosikan produk dengan menggunakan media iklan online,” tutur Rodijah.(DIM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.