Dosen Universitas BSI Beri Sosialisasi Pengelolaan Data Keanggotaan

0 32

BSINews, Jakarta – Pengelolaan data telah mengalami revolusi peningkatan pemanfaatan teknologi, dimulai dari pemberkasan secara fisik hingga penggunaan komputer sebagai media operasional. Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai kampus digital kreatif berperan dalam memberikan pemahaman terhadap pemanfaatan dan implementasi teknologi terhadap, khususnya kepada masyarakat, dunia usaha dan industri kreatif.

Baca Juga: Pengelolaan Data Terkomputerisasi Pada Bank Sampah

Dalam rangka mewujudkan tri dharma perguruan tinggi, salah satunya yaitu melaksanakan pengabdian masyarakat, Dosen dan mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas BSI pun melaksanakan pengabdian masyarakat.

 

Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini dilaksanakan dengan mitra pengabdian adalah Bina Keluarga Lansia Delima Putih. Lokasi pengabdian berada di RW. 06 Persada Raya Kelurahan Gembor Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, pada  Sabtu (22/10).

 

Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Sosialisasi Pengelolaan Data Keanggotaan Dengan Basis Data Pada Bina Keluarga Lansia Delima Putih”. Sedangkan tim dosen Pengabdian masyarakat Universitas BSI terdiri dari Mochamad Nandi Susila selaku ketua pelaksana, beserta tutor dan anggota dosen yaitu Hariyanto, serta mahasiswa yang turut berpartisipasi yaitu Desfi Nur Hanafi dan Fauzan Fadli. Dihadiri pula oleh para pengurus dan anggota Bina Keluarga Lansia Delima Putih.

 

Materi yang diangkat dalam kegiatan ini adalah pengelolaan data keanggotaan dengan pemanfaatan komputer yang terintegrasi dengan basis data.

 

Hariyanto menjelaskan Bina Keluarga Lansia sebagai lembaga swadaya kemasyarakatan perlu memiliki pemahaman terhadap pemanfaatan pengelolaan data dengan basis data, khususnya data keanggotaan lansia yang selama ini masih menggunakan pemberkasan secara fisik. Agar pemberdayaan dalam menyalurkan kegiatan yang ada terhadap anggota lansia tetap terjaga.

 

“Aktifitas dan kegiatan yang dilakukan oleh lansia pada Bina Keluarga Lansia dalam menyalurkan hobi yang dapat menjaga kesehatan mental dan fisik, harus dikelola datanya dengan baik. Perekaman data keanggotaan melalui komputer yang tersimpan dalam basis data sebagai pusat penyimpanan data sangat dibutuhkan, untuk menghindari adanya kehilangan dan kerusakan data. Selain itu untuk memudahkan juga dalam hal penarikan data untuk pembuatan laporan bagi pengurus,” jelas Hariyanto, Santu (20/10).

Baca Juga: Pengelolaan Surat Menggunakan Mail Merge Microsoft Word

Hariyanto  juga berharap setelah diadakannya kegiatan ini selain melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, juga mampu memberikan peningkatan pengetahuan bagi pengurus Bina Keluarga Lansia, khususnya dalam hal pengelolaan data keanggotaan.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.