Mahasiswi Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI Bagikan Pengalamannya Ikuti Program Kampus Mengajar

0 165

Jakarta, BSINews — Indah Warohmah, merupakan mahasiswi program studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang berhasil lolos dalam program Kampus Mengajar. Kampus Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memfasilitasi mahasiswa untuk megembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas.

Baca juga : Dosen Universitas BSI Melaksanakan Penjemputan Dan Perpisahan Program MBKM – Kampus Mengajar Angkatan 4

Indah sapaan akrabnya, mengabdikan dirinya di SMP Islam Nurul Huda, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur mulai dari bulan Agustus hingga Desember 2022. Indah mengatakan, Kampus Mengajar bukan sebuah mimpi melainkan perjuangan pendidikan bagi mereka yang jauh dan sulit untuk mengetahui hal hebat apa yang dimiliki sebagai bangsa persatuan.

“Kampus mengajar bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan beragam keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam pengembangan model pembelajaran. Serta dapat menumbuhkan kreativitas serta inovasi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi disekolah,” ungkap Indah dalam keterangan pers, Selasa (10/1/2023).

Dalam kesehariannya, Indah membantu siswa-siswi dalam peningkatan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi di lingkungan sekolah. Hal itu, diimplementasikan dalam bentuk program membaca 15 menit sebelum belajar, pendalaman materi, broken calculator, ecoprint, IbisPaintX, dan lainnya.

Program Kampus Mengajar

“Selain itu kami juga membantu administarsi sekolah, dengan membantu guru mengajar Sekolah Dasar (SD), berkolaborasi bersama guru membantu melaksanakan kegiatan praktik seperti membuat kerajinan menggunakan tanah liat, bahan bekas dan menjadi panitia atau juri pada saat perlombaan hari hari besar disekolah,” ujarnya.

Ia mengaku sangat senang dapat berkontribusi nyata mengetahui dan terjun lansung dalam pengembangan pendidikan yang ada di Indonesia melalui program Kampus Mengajar. Melalui program ini, mahasiswa dapat sama-sama belajar untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia.

Setelah mengikuti program ini, Indah tidak menyangka bahwa daerah Ibu Kota DKI Jakarta, yang mungkin orang mengira pendidikan sudah merata dan tidak ada yang tertinggal, ternyata masih banyak sekolah tertinggal.

Baca juga : Dosen Prodi Ilmu Komputer Universitas BSI Antusias Ikuti Program Praktisi Kampus Mengajar

“Lewat program inilah, saya mengetahui bahwa masih banyak sekolah yang tertinggal dan tidak merata, bahkan di Ibu Kota DKI Jakarta. Semoga dengan adanya program Kampus Mengajar ini dapat membantu dalam meningkatkan dan meratakan pendidikan yang ada di Indonesia,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.