7 Tips Bangun Mindset Berwirausaha bagi Mahasiswa

0 4,735

Yogyakarta, BSINews – Sukses berwirausaha sebelum wisuda menjadi impian sebagian mahasiswa. Mahasiswa harus bisa mengatur waktu antara kuliah dan berwirausaha, agar impiannya bisa menjadi kenyataan.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memiliki wadah atau lembaga pengembangan kewirausahaan yaitu BSI Entrepreneur Center (BEC) yang mencetak wirausaha muda bagi mahasiswa. BEC memberikan pendampingan berupa seminar, workshop dan coaching bagi mahasiswa yang berwirausaha.

Baca juga: Inkubator Bisnis Universitas BSI Akan Gelar Sosialisasi Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha 2023

Koordinator BEC Universitas BSI kampus Yogyakarta, Noor Hasan, memberikan beberapa tips dalam membangun mindset berwirausaha. Berikut adalah beberapa tips untuk membangun mindset berwirausaha:

Mindset Berwirausaha

1. Menentukan Tujuan yang Jelas

Mulailah dengan menentukan tujuan yang spesifik dan jelas dalam berwirausaha. Hal ini membantu mahasiswa untuk lebih fokus dalam mengejar tujuan dan mengukur kemajuan bisnisnya.

2. Mengembangkan Keterampilan

Seorang wirausaha harus memiliki keterampilan yang relevan dengan bisnis yang dijalankan, seperti kemampuan manajemen, pemasaran, atau keuangan. Dalam mengembangkan keterampilan, bisa memanfaatkan pelatihan atau kursus yang tersedia atau membaca buku atau artikel yang berkaitan.

3. Memiliki Keyakinan dan Optimisme

Seorang wirausaha harus memiliki keyakinan dan optimisme bahwa bisnisnya akan berhasil. Hal ini memungkinkan untuk tetap bersemangat meskipun menghadapi tantangan atau kegagalan.

Baca juga: Membangun Wirausahawan Muda Potensial Dalam Bisnis

4. Menjadi Pengambil Risiko yang Cerdas

Wirausaha harus bisa mengambil risiko, namun tetap mempertimbangkan segala hal dengan matang dan cerdas. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan analisis risiko dan membuat rencana cadangan untuk mengatasi kemungkinan masalah.

5. Mengembangkan Jaringan

Seorang wirausaha perlu mengembangkan jaringan yang kuat dengan orang-orang yang memiliki pengalaman atau keahlian yang relevan dengan bisnisnya. Jaringan yang kuat dapat membantu dalam memperoleh sumber daya atau informasi penting yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis.

6. Menjaga Fokus dan Disiplin

Wirausaha harus mampu menjaga fokus dan disiplin dalam menjalankan usahanya. Hal ini termasuk membuat jadwal yang efektif, menyelesaikan tugas-tugas yang penting, dan menghindari hal-hal yang tidak perlu atau tidak mendukung bisnis.

Baca juga: Hobi Berwirausaha Mahasiswa Universitas BSI Sukabumi Hasilkan Cuan Puluhan Juta Perbulan

7. Belajar dari Kegagalan

Wirausaha harus bisa belajar dari kegagalan dan menggunakannya sebagai pelajaran untuk meningkatkan bisnis di masa depan. Seorang wirausaha yang sukses tidak pernah menyerah meskipun mengalami kegagalan.

Menurut Noor, dengan mengikuti tips di atas dan berkomitmen untuk terus belajar, diharapkan dapat membangun mindset berwirausaha yang kuat dan siap menghadapi segala tantangan dalam menjalankan bisnis.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.