BSI Digination Ajak SMK Muhammadiyah 1 Pontianak Visualisasi 3D dan AR

0 68

Pontianak, BSINews — Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak sukses menggandeng perusahaan startup Digital Creative Center (DCC) atau Lab AlfaOne, untuk mengadakan acara BSI Digination. Mengangkat tema ‘How to be a Content Creator for Gen Alpha’, kegiatan ini sukses dilaksanakan pada Selasa (9/5/2023) di Universitas BSI kampus Pontianak.

Baca juga : BSI Digination Pontianak Ciptakan Bibit Talenta Digital Dalam Bidang Content Creator

Eri Bayu Pratama selaku kepala kampus Universitas BSI kampus Pontianak dalam sambutannya mengatakan kegiatan BSI Digination turut mengundang SMK Muhammadiyah 1 Pontianak, jurusan Akuntansi dan Perhotelan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi berbakat di bidang kreativitas digital. Kegiatan ini tidak terbatas pada seminar atau workshop, namun juga kunjungan ke studio podcast untuk menuangkan ide-ide kreatif,” ujar Eri dalam rilis yang diterima, Rabu (10/5/2023).

Ia menambahkan, Universitas BSI menyediakan fasilitas berupa studio podcast yang bertujuan untuk menuangkan ide kreatif siswa OJT dan mengembangkan keterampilannya dalam menulis, mengedit, desain dan lain-lain. Ia berharap, semoga kegiatan BSI Digination ini akan bermanfaat menjadi generasi kreatif yang memasuki dunia digital.

Menghadirkan dua narasumber handal, yakni Wheisky Steven Dharmawan dan Deni Risdiansyah yang merupakan content creator, kegiatan BSI Digination sukses mendapatkan antusiasme dari siswa/i.

BSI Digination Ajak Visualisasi 3D dan AR

Dalam pemaparannya, Wheisky mengajak siswa/i memvisualisasikan objek 3D di lingkungan nyata atau disebut dengan Augmented Reality (AR) di era teknologi). Menurutnya, AR telah digunakan di berbagai bidang seperti game development, kedokteran, hingga pendidikan.

“Untuk pemula, dapat menggunakan Assemblr EDU yang dapat membantu menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan mudah diakses dalam 3D dan AR sehingga dapat memproyeksikan benda maya ke dunia nyata secara bersamaan,” jelasnya.

Menimpali hal tersebut, Deni Risdiansyah mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan generasi berbakat di bidang digital untuk menjadi kekuatan penting dalam pembangunan negara.

“Sekitar 85% wilayah Indonesia dapat diakses oleh layanan internet, menjadikan digitalisasi sebagai katalisator pembangunan ekonomi digital nasional dan menciptakan kesenjangan kebutuhan SDM bertalenta digital untuk menyiapkan ekosistem digital,” katanya.

Baca juga : Universitas BSI Kampus Purwokerto dan Digital Creative Center Akan Gelar BSI Digination

Ia juga turut mengajak peserta BSI Digination untuk megunjungi studi podcast dan praktek langsung dalam pembuatan podcast tersebut. Menurutnya, dengan menggunakan digitalisasi dapat di praktekan langsung di dunia kerja atau pendidikan. Dimana dukungan tersebut kemudian lebih mudah diimplementasikan dan tidak menimbulkan biaya yang besar. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.