Pelatihan Digitalisasi Tata Kelola Administrasi Organisasi pada Tim Penggerak PKK Kelurahan Cibubur  Jakarta Timur

0 130

BSINews, Jakarta –  Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, hal ini merujuk pada pasal 20 UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pedidikan Nasional (UU  Diknas) yang menyatakan bahwa salah satu dharma Perguruan Tinggi, selain pendidikan dan penelitian, adalah kegiatan pengabdian masyarakat.

Baca Juga : Dosen Universitas BSI Persiapkan Remaja Masjid Baitul Halim untuk Era Digitalisasi di Bidang Tata Kelola Administrasi Organisasi

Oleh karena itu, untuk memenuhi hal tersebut dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan PM bertempat di RPTRA Cibubur Berseri Jakarta Timur, Jl. H. Abdul Rahman II No.3, RW.10, Cibubur, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Sabtu (13/5).

Bertajuk Pelatihan Digitalisasi Tata Kelola Administrasi Organisasi  oleh Ibu-Ibu PKK  RPTRA Cibubur Berseri Jakarta Timur, kegiatan ini melibatkan beberapa anggota tim diantaranya Roida Pakpahan, Sriyadi,  Ginabila, Ita Dewi Sintawati, ST.M.Kom serta dibantu oleh 2 mahasiswa.

Roida Pakpahan, selaku ketua pelaksana dari kegiatan PM ini mengatakan tujuan dari kegiatan PM yakni untuk untuk memberikan pengetahuan dan wawasan terkait tata Kelola administrasi organisasi pada ibu-ibu PKK RPTRA Cibubur.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan  pengetahuan tentang admnistrasi dalam organisasi dan  Memberikan pelatihan cara mengelola data administrasi secara digital serta memaparkan manfaat dari pengolahan data organisasi secara digital,”ungkapnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/5).

Sementara itu, Sriyadi selaku tutor dalam kegiatan PM ini menjelaskan terkait Tata Kelola atau tata laksana merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu organisasi,  untuk membantu, melayani, memudahkan atau mengatur semua kegiatan dalam mencapai suatu tujuan.

Baca Juga : Workshop Pengelolaan Administrasi Kearsipan Bagi Karang Taruna

“Semua kegiatan di organisasi harus diatur sedemikian rupa agar memililiki ketertiban tertentu, sehingga pelaksanaannya berjalan dengan baik dan proses kegiatan administrasi berjalan dengan lancar.  Untuk itu kami memberikan pelatihan tata kelola administasinya dengan menggunakan aplikasi yang dapat membantu kegiatan keadministrasian dalam mengumpulkan dan mengelola data bebasis android adalah FormsApp,” jelas Sriyadi.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat yang menjadi pengurus atau anggota ibu-ibu PKK yang menjadi peserta dalam PM mendapatkan manfaat dan pengetahuan tentang tata kelola yang baik mengenai administrasi secara digital.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini para pengurus atau anggota dari PKK RPTRA Cibubur Berseri Jakarta Timur dapat memanfaatkan ilmunya untuk digunakan dalam kegiatan sehari-sehari salah satunya mengelola administrasi di RPTRA Cibubur,”pungkas Sriyadi.

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.