Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI Gelar Pitching Forum Simulasi Berita

0 37

BSI News, Jakarta – Program Studi Ilmu Komunikasi (Prodi Ilkom) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dalam peminatan Broadcasting, sukses menyelenggarakan kegiatan Pitching Forum Simulasi Berita, bertempat di Aula Universitas BSI Kampus Kalimalang, Jakarta, Rabu – Jum’at, 13 – 15 Desember 2023.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Pitching Forum dan Simulasi Berita TV ini merupakan salah satu persiapan ujian simulasi digital news production untuk semester lima. Dengan menghadirkan narasumber yang ahli dalam bidangnya yaitu ketua IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) Jakarta Feby Budi Prasetyo, Muhammad Jazuli pemimpin redaksi Inews TV serta Ken Norton Hutasoit produser berita Metro TV.

Baca Juga : Pahami Etika Makan, Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Ikuti Kegiatan Table Manner

Anisti, sebagai ketua program studi (prodi) ilmu komunikasi Universitas BSI menegaskan bahwa pitching
forum diselenggarakan untuk memberikan evaluasi kepada karya mahasiswa.

“Nantinya evaluasi tersebut sebagai pembekalan ujian simulasi siaran berita”, demikian paparnya dalam keterangan tertulis, Jum’at 15 Desember 2023.

Ia juga menegaskan bahwa secara umum kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan jurnalistik sebagai kemampuan strategis yang idealnya dimiliki oleh lulusan prodi ilmu komunikasi.

“Saat ini jurnalistik menjadi pengetahuan fundamental pada komunikasi massa. Sebagai calon pegiat dibidang komunikasi publik, maka mahasiswa harus memahami esensi dari berita,” lanjutnya.

Muhammad Jazuli, selaku Pemimpin Redaksi Inews menekankan perlunya fokus pada tahapan praproduksi serta memaparkan bahwa proyeksi berita memegang peranan untuk menentukan keberhasilan produk berita di tengah masyarakat.

“Adanya perencanaan yang matang menentukan kadar kualitas berita yang dibuat”, ujarnya.

Baca Juga : Buat Mahasiswa Jadi Cloud Computing Specialist, Prodi Ilmu Komunikasi dan Teknologi Komputer Hadirkan Pakar Solution Architect AWS

Selain itu ia juga menegaskan perlunya pengetahuan serta pemahaman kode etik jurnalistik pada mahasiswa untuk bisa mengemas berita yang bertanggung jawab kepada masyarakat.

Sementara itu, Febi Budi Prasetyo dan Ken Norton sepakat bahwa keseimbangan pengetahuan substantif
materi berita serta keahlian teknis yang dimiliki reporter, juru kamera serta editor tidak bisa diabaikan.

“Perpaduan kemampuan yang dimiliki oleh awak redaksi serta kerjasama tim yang baik akan
menghasilkan karya berita yang berguna bagi masyarakat”, tandas Feby.

Leave A Reply

Your email address will not be published.