Pengembangan Usaha Koperasi Agar Dapat Mengenal Pasar dan Pesaing

0 993

BSINews, Bekasi-Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan Pengabdian Masyarakat dengan mengusung tema ‘Pelatihan Tentang Pengembangan Usaha Koperasi Agar Dapat Mengenal Pasar Dan Pesaing Pada Koperasi Mitra Armindo Jaya’. Kegiatan ini digelar secara daring untuk Koperasi Mitra Armindo Jaya, yang berlokasi di Kawasan Industri Jababeka 2 Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (16/4).

Baca Juga: Strategi Pemberdayaan UMKM Koperasi Tasmin Asia Galilea Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Dedi Suharyadi selaku ketua tim pelaksana mengatakan melalui pelatihan pengembangan usaha bagi koperasi mitra armindo jaya tentunya diharapkan mampu memaksimalkan pemahaman dan implementasi pengembangan usaha yang memadai bagi koperasi.

“Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan ini antara lain memberikan gambaran mengenai bagaimana upaya pengembangan usaha koperasi agar dapat mengenal pasar dan pesaing sehingga kesempatan atau peluang bisnis yang ada dapat dimanfaatkan, dan dapat mengatasi hambatan atau kendala bisnis yang akan mengganggu pencapaian tujuan koperasi,” kata Dedi.

Menurutnya tantangan bagi dunia usaha, terutama pengembangan koperasi, mencakup aspek yang luas, seperti peningkatan kualitas sdm dalam hal kemampuan manajemen, organisasi dan teknologi, kompetensi kewirausahaan, akses yang lebih luas terhadap permodalan, informasi pasar yang transparan, faktor input produksi lainnya, dan iklim usaha yang sehat yang mendukung inovasi, kewirausahaan dan praktek bisnis serta persaingan yang sehat.

Baca Juga: Strategi Pemberdayaan UMKM Koperasi Tasmin Asia Galilea Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

“Mengingat pandemi Covid-19 yang masih melanda tentu sangat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat diberbagai bidang. Peraturan pemerintah dalam menerapkan PPKM menyebabkan pelaku usaha perlu melakukan inovasi untuk bisa dapat bersaing dan tetap bertahan di new era atau era digital saat ini,” tutupnya. (RDX)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.