Merubah Tantangan Sebagai Peluang Di Masa Pandemi Bagi Komunitas UMKM Kota Bekasi

0 139

Jakarta Bsi-News

Mewabahnya pandemi Covid-19 memukul semula lapisan masyarakat diseluruh dunia baik dari masyarakat mampu atau tidak mampu, baik di perkotaan dan dipedesaan. Begitu juga dalam dunia bisnis, pandemi ini membuat ekonomi dunia mengalami perubahan dan efeknya terasa kesemua jenis bisnis baik besar maupun kecil. Indonesia bisnis yang terpukul telak adalah para pelaku UMKM.

Para pebisnis dari UMKM adalah pelaku bisnis dengan modal yang tidak besar, jaringan yang terbatas juga segmentasi pasar yang sangat spesifik, hal ini menyebabkan para pelaku bisnis dari UMKM mengalami banyak kendala sehubungan dengan adanya pandemi. PSBB salah satunya, sedikit banyak membuat pembatasan pergerakan dari bahan baku yang biasa didatangkan para UMKM dari luar kota atau dari wilayah lain. Selain dari itu dengan adanya PSBB membuat masyarakat tidak keluar rumah sehingga pergerakan uang menjadi terbatas juga, para UMKM sulit untuk memasarkan produk mereka.

Sebenarnya bukan hanya UMKM para pelaku bisnis besar juga mengalami hal yang serupa akan tetapi karena mereka memiliki sumber daya modal yang cukup besar dan jaringan bisnis yang lumayan baik maka dampak yang dirasakan tidak sebesar UMKM. Meski demikian perlu adanya langkah yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis, dalam hal ini para pelaku bisnis UMKM untuk dapat keluar dari keterbatasan ini.

Untuk itu perlu pembekalan bagi pelaku  UMKM tentang bagaimana merubah pola pikir UMKM di masa pandemi ini, dan ini merupakan tantangan dan peluang agar UMKM terus bergerak dan maju meskipun dalam situasi kondisi seperti sekarang ini.

Berdasarkan hal tersebut di atas pelaku komunitas UMKM kota Bekasi bekerjasama dengan Program Studi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika untuk menyelenggarakan  kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan Seminar tentang “Merubah Tantangan Sebagai Peluang di Masa Pandemi Bagi Komunitas UMKM Kota Bekasi” kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat diadakan menggunakan media aplikasi Zoom pada hari Sabtu, tanggal 03 Oktober 2020. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Ibu Nurhidayati dan yang bertindak selaku tutor adalah oleh Ibu Sugiyah dengan dibantu oleh Bapak Dedy Syahyuni dan Ibu Wiwin Wianti serta 2 (dua) orang mahasiswa.

Selain memberikan penjelasan, para peserta juga dipersilahkan untuk aktif bertanya maupun sharing terkait pengalamannya menggunakan aplikasi zoom. Di akhir kegiatan dilakukan photo bersama secara virtual dan ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.